Kecanduan HP? Ikuti Beberapa Latihan Ini Agar Tidak Kecanduan HP Khususnya Saat Sedang Makan

Senin 19-08-2024,20:00 WIB
Reporter : Reza Nugraha
Editor : Hilmi Pramudya

Kecanduan HP? Ikuti Beberapa Latihan Ini Agar Tidak Kecanduan HP Khususnya Saat Sedang Makan 

 

RADAR TASIK TV - Mengawali pagi hari dengan mencoba tidak melakukan aktifitas media sosial bisa menjadi cara efektif untuk hari-harimu lebih produktif.

Dengan menghindari media sosial diwaktu pagi, kamu bisa mnejalani aktifitas kekerjaan dengan lebih fokus dan terhindar dari suasana hati kurang nyaman.

Mengalihkan dengan kegiatan bermanfaat dan meninggalkan aktifitas main sosmed, dapat mengurangi gangguan yang dapat mengalihkan perhatianmu dari tugas-tugas penting.

Sehingga waktu berharga yang seharusnya digunakan untuk produktif menjadi tebuang sia-sia. Untuk mengtasi hal tersebut coba ikuti langkah-langkah ini agar aktifitasmu menjadi lebih produktif.

BACA JUGA:Ternyata Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Meningkatkan Public Speaking Kamu! Beneran.. Yuk Baca Artikel Ini!

BACA JUGA:Kesehatan Kamu Terancam Bahaya, Jika Masih Melakukan Kebiasaan Ini, Yuk, Stop Dari Sekarang!

Jangan buka medsos sebelum jam 8 pagi

Setiap pagi, usahakan badan mu melakukan aktifitas lainnya yang dapat menjadikan pagimu lebih produktif. Pada saat waktu pagi, kamu bisa melakukan aktifitas fisik seperti olahraga, meditasi, beres-beres rumah dan hindari penggunaan ponsel apalagi sampai main media sosial.

Mengurangi atau bahkan tidak membuka media sosial sebelum jam 8 pagi, dapat menjadikan kamu lupa waktu dan akan banyak waktu yang kamu habiskan jika berlamaan main media sosial, dan efek dari media sosial sendiri bisa menjadikan pagi kamu menjadi tidak baik dan berpengaruh terhadap kesehatan mental karena mengawali pagimu dengan media sosialUntuk mengurangi ketergantungan

  • Meningkatkan produktifitas

Mencoba untuk tidak membuka aktifitas media sosial pada waktu pagi hari, ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan produktifitas sepanjang hari sehingga waktu kamu setiap harinya tidak terabaikan atau tidak dihasikan dengan bermain media sosial, karena ternyata dampak dari main media sosial di waktu pagi hari dapat mengurangi kefokusan dan mengurangi efisien dama bekerja.

  • Mengatur suasana hati

Selain dapat mengurangi ketergantungan, meningkatkan produktifitas, mengurangi penggunaan media sosial juga dapat membantu mengatur suasana hati menjadi lebih baik. Efek dari penggunaan media sosial secara berlebihan sering kali dapat meningkatkan stress dan kecemasan berlebih. Dengan mengurangi aktifitas media sosial, kamu bisa merasa tenang dan suasana harimu akan lebih berwarna.

BACA JUGA:10 Kebiasaan Simple di Malam Hari Ini Bantu Kamu Tambah Glowing, Yuk Simak

BACA JUGA:Berhenti Lakukan 6 Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Otak Kamu jadi Lemot!

Jangan main HP setelah lebih jam 9 malam

  • Menganggu kualitas tidur

Jika kamu terlanjur sering melakukan aktifitas ponsel lebih dari jam 9 malam apalagi sambil main scroll sosmed, usahakan kurangi kebiasaan tersebut, kecuali kamu memang sedang ada pekerjaan yang serius.Karena efek dari main HP lebih adari jam 9 malam dapat mengganggu kualitas tidurmu menjadi buruk, karena terlau lama memainkan kamu akan keterusan hingga sampai larut malam, dan kamu pasti akan sulit untuk tidur. Dampak lainnya, dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kamu 

  • Mengatur Batas Waktu

Mulai sekarang, lakukan latihan pembatasan waktu, kamu bisa mulai dengan membuat jadwal tertentu untuk menggunakan HP, misalnya pada saat waktu istirahat jam kerja kamu bisa sesekali main HP disaat waktu kamu luang.

  • Membuat Aktivitas Non-Digital

Tambahkan waktu harimu dengan menambahkan aktifitas non- Digital seperti olahraga, jalan kaki, membaca buku, atau menghabisakn waktu yang bermanfaat. Dengan melakukan aktifitas ini dapat menjadikan suasana harimu menjadi menyenagkan, secara tidak langsung dapat menjadi alternatif untuk relaksasi, menyehatkan mental dan fisik.

Jangan main HP saat makan

  • Melatih diri untuk bebas distraksi

Selain itu, salah satu cara dalam mengatasi kecanduan HP yang efektif yaitu, jangan menggunakan HP saat makan, ini merupakan sebuah aktifitas yang kurang baik. Saat waktu makan juga kamu perlu fokus saat makan dan kamu juga harus bisa mengalihkannya dengan menikmati makanan tersebut. Kebiasaan tersebut dapat membantu melatih diri kamu untuk bebas dari distraksi, saat kamu fokus pada makanan.

  • Menetapkan kebiasaan sehat

Pada saat makan tanpa melibatkan HP, dapat menjadikan kamu lebih fokus terhadap makanan yang kamu konsumsi. Cara ini juga dapat menjadikan kebiasaan sehat dengan makan tanpa ditraksi dari HP.

  • Mencegah makanan secara mindles

Menghindari penggunaan HP saat makan dapat mencegah makan secara berlebihan. Pada saat kamu makan sambil fokus dengan hal lain misalnya sambil nonton, tv, ngobrol, main HP, kamu cenderung akan tidak menyadari seberapa banyak makanan yang kamu konsumsi, hal ini menyebabkan konsumsi makanan yang berlebihan.

Kategori :