Hindari Overthinking Demi Kesehatan Mental Anda! Ini Beberapa Caranya...

Minggu 18-08-2024,20:00 WIB
Reporter : Dea Alfiatun
Editor : Hilmi Pramudya

Hindari Overthinking Demi Kesehatan Mental Anda! Ini Beberapa Caranya...

 


RADAR TASIK TV
- Berpikir adalah hal yang esensial bagi setiap manusia. Namun, berpikir berlebihan atau overthinking itu justru bisa berdampak negatif pada kesehatan mental.

Overthinking kebiasaan buruk yang sangat tidak sehat yang biasanya menyebabkan stress dan hanya berfokus pada hal yang negatif, memikirkan masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan.

Orang yang sering overthinking atau overthinker akan sulit mengendalikan pemikirannya sendiri. Overthinking juga menjadi hal yang mempunyai kecenderungan untuk terlalu memikirkan sesuatu secara berlebihan dan berulang-ulang.

Jika seseorang sering merasa terjebak dalam pikiran yang tak berujung ada akhirnya juga terus-menerus mempertimbangkan segala kemungkinan-kemungkinan yang ada dan juga sering  merasa cemas dengan berlebihan tentang masa depan, maka besar kemungkinan sedang mengalami overthinking.

BACA JUGA:Manfaat Tape Singkong Untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Ampuh Lancarkan Pencernaan

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu, Ternyata Waktu Tidur Dapat Menentukan Kesehatan, Yuk Simak

Pola pikir ini bukan hanya membuat anda melelahkan, tapi juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari  yang anda lakukan. Overthinking ini biasanya dipicu oleh rasa cemas berlebihan atau adanya kurang percaya diri.

Hadirnya overthinking ini biasanya cenderung terlihat gelisah karena memikirkan semua ke khawatiran yang ada difikirannya.

Overthinking ini bisa merusak mental anda seperti adanya gangguan kecemasan, untu mengatasi hal tersebut bisa anda alihkan perhatiannya dengan menariik nafas secara dalam.

Cara Mengatasi Overthinking:

1.    Cari Tahu Apa Pemicunya

Overthinking sering sekali hadir ketika kita dihadapkan dengan masalah, kita juga terkadang sering lupa untukmencari solusinya. Itulah kenapa overthinking hadir.

Dalam hal ini, utamakan untuk mencari solusi terbaiknya, namun jika anda terllu berlarut-larut dengan hanya memikirkannya itu akan sangat menyita waktu anda sehingga anda akan stres.

2.    Menyibukkan Diri Dengan Aktivitas Yang Fositif

Fokus dalam memikirkan suatu hal adalah hal yang fositif, carilah dan lakukan hal-hal fositif yang membuat anda menjadi semangat dan senang akan hal melakukannya.

Jika seperti ini, waktu anda juga tidak terbuang dengn sia-sia.

3.    Berhenti Berasumsi

Saat merasa cemas dan memikirkan sesuatu secara berlebihan   dan juga memikirkan hal yang belum tentu terjadi, biasanya diaat itulah asumsi-asumsi negatif hadir.

Mengutip dari situs American University of Sharjah, pemikiran-pemikiran negatif akan suatu hal yang belum terjadi justru bisa membuat Anda lebih mungkin akan terjadi dan mengalaminya.

Ini bisa menjadi sebab karena Anda jadi tidak fokus dengan apa yang sedang terjadi saat ini. Akibatnya, Anda mungkin justru akan mengacaukan rencana yang sudah dibuat sebelumnya.

4.    Hindari Perkumpulan yang Tidak Sehat

Berbicara atau curhat dengan orang lain tentang apa yang di khwatirkan oleh kita terkadng bisa membantu beban dalam fikiran.

Selain itu, anda juga bisa mendapatkan wejangan yang sekiranya harus anda lakukan. Temuilah orang yang anda percaya untu menumpahkan apa yang ada dalam fikiran anda.

Namun dibalik itu semua,dalam perkumpulan tersebut terkadang akan membuat nda menjadi lebih parah dalam overthinking.

BACA JUGA:Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Ternyata Dapat Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Otak

BACA JUGA:Manfaat Tak Terduga Dari Rendaman Air Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh, Caranya Dibikin Infused Water Aja

So, jangan salah orang ya ketika anda mencurahkan isi hati. Pilihlah orang bijak dan dewasa agar anda bisa mendapatkan jawaban yang baik.

5.    Memberi Waktu Untuk Diri Sendiri

Dalam hal ini sering kali terjadi menyalahkan diri sendiri, hal-hal yang sudah dilewati kerap sekali disesali. Untuk itu cobalah untuk menerima dan legowo dengan diri sendiri.

Ketika masalah menghadang, berikan kesempatan untuk diri sendiri, kasih waktu untuk berfikir agar jauh lebih tenang berfikir.

Untuk itu cobalah untuk menerima dan legowo dengan diri sendiri. Dan jangan lupa untu selalu berterimakasih kepada diri sendiri.

6.    Berdamai Dengan Ketakutan Sendiri

Hal ini memang bukan hal yang mudah, namun kita bisa sedikit demi sedikit untuk bisa membiasakandengan prosesnya.

Dalam prosesnya inimembutuhkan waktu dengan sangat panjang, dan terjadinya bukan hanya pada saat beberapa hari.

Ketika rasa takut sudah dikalahan, overthinking itu sedikit demi sedikit akan hilang dengan sendirinya.

7.    Fokus Dengan Apa yang Bikin Tenang Dan Bahagia

Saat overthinking melanda, biasanya kita mencoba memfokuskan dengan sesuatu yang membuat kita  bahagia, dengan sedikit lupa apa yang telah difikirkan.

Oleh karena itu, jika overthinking hadir dalam fikiran anda lakukanlah atau pergilah ke tempat yang bkin anda senang dan bahagia.

BACA JUGA:Resep Menguatkan Jantung Ala dr. Zaidul Akbar, Cukup Seduhan 5 Rempah Ini, Yuk Simak

BACA JUGA:Deretan Khasiat 1 Buah Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Untuk Bersih-bersih Usus yang Sudah Kotor

Ini dia beberapa tips diatas yang bisa membuat gangguan-gangguan overthinking ada hilang, semoga apapun yang membuat anda overthinking kedepannya bisa membuat anda jauh lebih baik mempunya fikiran yang sehat.

Tepatnya tidak lagi memikirkan sesuatu yang tentu belum terjadi.

 

 

Kategori :