Sering Dianggap Sepele Tapi Berdampak Serius, Berikut 8 Bahaya Main HP Sebelum Tidur

Rabu 21-08-2024,10:17 WIB
Reporter : Rifqi Fathurrohman
Editor : Hilmi Pramudya

Sering Dianggap Sepele Tapi Berdampak Serius, Berikut 8 Bahaya Main HP Sebelum Tidur

 


RADAR TASIK TV
– Bermain ponsel sambil tiduran memang sangat enak dilakukan, tetapi dibalik enaknya tersebut terdapat bahaya yang dapat membuat kesehatan mata kita menurun.

Apalagi bila dilakukan secara terus-menerus maka akan berakibat fatal bagi kesehatan mata. Oleh karena itu mari kita simak 8 bahaya main HP sambil tiduran dan sebelum tidur.

BACA JUGA:Inilah 8 Makanan yang Bisa Membantu Memaksimalkan Tinggi Badan

BACA JUGA:Minuman Herbal Ini Ampuh Atasi Asam Lambung, Begini Cara Mudah Membuatnya

1. Mata Menjadi Lelah

Mata merupakan salah satu organ vital, maka dari itu kita harus menjaga kesehatannya. Bermain gadget merupakan salah satu penyebabnya, apalagi kalau dimainkan sambil tiduran maka itu akan membuat mata menjadi cepat lelah dan perih.

2. Susah Tidur (Insomnia)

Banyak dari kita selalu bermain HP sambil tiduran dilakukan ketika sebelum tidur. Hal tersebut memang enak untuk dilakukan karena posisi tersebut dapat membuat rileks setelah seharian beraktivitas.

Tetapi kebiasaan tersebut bukannya bikin sehat tetapi malah akan menimbulkan insomnia atau susah tidur karena mata dibiarkan aktif terlalu lama. Sehingga membuat badan menjadi lelah dan sakit

3. Waktur Tidur Menjadi Terganggu

Karena kesulitan untuk tidur maka waktu tidur menjadi berkurang, sehingga otomatis kualitas tidur pun menjadi buruk. Idealnya waktu tidur adalah 8-9 jam dan ini berlaku setiap harinya. Bermain HP sambil tiduran akan menyebabkan insomnia dan berdampak pada memburuknya kualitas tidur juga kesehatan mata.

4. Terganggunya Ritme Sikardian

Bahaya berikutnya yang ditimbulkan dari kebiasaan main HP sambil tiduran sebelum tidur adalah terganggunya ritme sirkadian. Ritme sirkadian merupakan mekanisme alami pada tubuh untuk mengatur jadwal tidur dan bangun serta metabolisme tubuh setiap harinya.

Kategori :