Pacu Pertanian Organik Upland Di Kabupaten Tasikmalaya, Fokus Terhadap Peningkatan Pendapatan Petani

Sabtu 31-08-2024,17:30 WIB
Reporter : Nurohman
Editor : Klendi

RADARTASIKTV.ID - Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Tasikmalaya tengah giat melaksanakan Program Upland (Upgrading Of Livelihoods Through Agricultural Development) dengan fokus pada pengembangan kawasan agribisnis padi organik.

Program ini bertujuan meningkatkan pendapatan petani dan mengurangi angka kemiskinan di daerah dataran tinggi melalui integrasi antar sektor hulu dan hilir.

BACA JUGA:Targetkan 5 Medali Emas Dalam Tinju Amatir Pertina Cup Se-Jabar, Persiapkan Atlet Untuk PON dan PORDA

BACA JUGA:Ratusan Ibu Pengajian Doa Bersama Untuk Sukseskan Pilkada, Berharap Lahir Pemimpin Peduli Kaum Perempuan

Manager Project Implementation Unit (PIU) Upland Kabupaten Tasikmalaya, Asep Hidayat Koswara, menjelaskan, program upland di Kabupaten Tasikmalaya mengusung tema pengembangan kawasan agribisnis padi organik.

Program ini bertujuan untuk memilih komoditas unggulan yang dapat terintegrasi dari hulu hingga hilir, dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan petani dan mengurangi kemiskinan di wilayah tersebut.

Asep menambahkan bahwa proyek upland ini telah dirintis sejak tahun 2021 dan masih berlangsung hingga tahun 2024, dengan pelaksanaan yang sesuai dengan komponen-komponen yang telah ditetapkan oleh managemen pusat.

Pentingnya integrasi dan keberlanjutan dalam konsep pengembangan kawasan agribisnis, yang tidak hanya fokus pada  aspek produksi, tetapi juga mengedepankan ketahanan pangan dan peningkatan posisi tawar petani di pasar.

Program ini memiliki fokus pada komoditas spesifik seperti padi organik, dirancang agar tidak semata-mata bergantung pada pasar dan dapat meningkatkan posisi tawar petani.

BACA JUGA:Bakso Dengkul Mang Nana Sehari Laku Ratusan Porsi, Punya Menu Best Seller Bakso Besar Dengkul

BACA JUGA:Catat, Kenali 7 Karakter Anggun yang Membuatmu Bersinar Sebagai Wanita Berkelas

Simak Berita Selengkapnya dalam Video Berikut  :

 

Kategori :