Trik Cara Bikin Kamar Wangi dan Bebas Nyamuk Hanya dengan 3 Bahan Sederhana ini

Minggu 29-09-2024,10:00 WIB
Reporter : Ima Hilmayanti
Editor : Hilmi Pramudya

4. Masukkan Batang Sereh

Ambil sekitar 4 batang sereh, lalu pastikan pangkal batangnya terendam semua dalam campuran air dan pewangi. Batang sereh ini akan melepaskan aroma citronella yang kuat, yang efektif untuk mengusir nyamuk dari ruangan.

5. Letakkan di Sudut Ruangan

Setelah campuran selesai dibuat, letakkan wadah di sudut ruangan atau di tempat yang banyak dilewati oleh nyamuk, seperti dekat jendela atau pintu.

Pastikan posisi wadah ini berada di tempat yang strategis agar aroma sereh dan pewangi pakaian bisa tersebar ke seluruh ruangan.

Alasan Kenapa Trik Ini Bisa Efektif Membuat Kamar Wangi dan Bebas dari Nyamuk

1. Pewangi Pakaian untuk Aroma Tahan Lama

Pewangi pakaian biasanya diformulasikan dengan bahan-bahan seperti fragrance oils yang memiliki kemampuan untuk memberikan aroma tahan lama.

Ketika pewangi pakaian dilarutkan dalam air hangat, komponen-komponen pewangi ini terurai dan menyebar di udara, menghasilkan efek aroma yang lebih cepat menyebar dan tahan lama.

Keharuman yang dihasilkan juga bisa membantu mengatasi bau tidak sedap di ruangan, seperti bau lembap atau apek.

2. Air Hangat untuk Pelepasan Aroma

Air hangat memainkan peran penting dalam proses ini. Ketika air hangat digunakan, ia membantu melarutkan senyawa pewangi dengan lebih cepat dan efektif.

Panas dari air juga memicu pelepasan aroma dari batang sereh, terutama kandungan citronella yang memiliki titik didih rendah. Ini berarti aroma segar dari sereh lebih cepat tersebar di ruangan ketika air dalam wadah masih hangat.

3. Sereh sebagai Pengusir Nyamuk Alami

Sereh dikenal memiliki kandungan citronella yang sering digunakan dalam produk pengusir serangga alami, seperti lilin, semprotan, atau lotion. Citronella bekerja dengan cara mengganggu sensor penciuman nyamuk.

Nyamuk biasanya menemukan manusia dengan cara mendeteksi karbon dioksida dan senyawa lain yang dikeluarkan oleh tubuh kita. Citronella bertindak sebagai "kamuflase" yang menutupi aroma tubuh manusia, sehingga nyamuk kesulitan untuk menemukan targetnya.

Kategori :