Trik Hilangkan Kerak di Kompor yang Membandel, Cukup Dengan Beking Soda Kompor Kembali Kinclong

Senin 30-09-2024,17:00 WIB
Reporter : Dewi Lestari
Editor : Hilmi Pramudya

RADARTASIKTV - Kompor Merupakan alat dapur yang sering digunakan untuk memasak yang pastinya nudah kotor terkena noda-noda minyak atau pun kotoran lainnya.

Kompor merupakan alat yang selalu di gunakan setiap harinya untuk memasak yang pastinya selalu kotor dan juga berkerak, hal tersebut pastinya selalu tidak enak untuk di lihat merasa risih karena kompor yang kotor dan berkerak.

Apalagi ketika kompor gas sering di gunakan akibat nya kotoran semakin membandel ataupun berkerak jika tidak segera di bersihkan maka kotoran tersebut akan semakin sulit di bersihkan.

BACA JUGA:Pelajaran Berharga Tentang Risiko, Peluang dan Kebahagiaan dari Buku Same As Ever Karya Morgan Housel

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Tinted Lip Balm Agar Bibir Tetap Lembab dan Sehat, Perlindungan Ekstra dari Sinar UV

Maka dari itu harus sering di perhatikan kebersihan kompor di rumah khusus nya bagi ibu-ibu rumah tangga, jangan di biarkan kompor kotor begitu saja dan bersihkan setelah menggunakannya.

Untuk kalian yang kompor gas nya selalu kotor maka ikuti tips di bawah ini agar kompor kembli bersih dan kinclong dan semakin terawat dan tidak mudah rusak.

Berikut Tips Sederhana Untuk Memberishkan Kompor Gas:

1. Langsung Bersihkan Setelah Di Gunakan

Terkadang kebanyakan orang setelah memakai kompor gas tidak langsung di bersihkan, Kotoran yang ada di kompor gas dan di biarkan begitu saja secara lama maka akan semakin susah untuk di bersihkan juga akan berkerak.

Maka dari itu sangat di sarankan setelah memakai kompor gas harus langsung di bersihkan hal tersebut untuk mengurangi kotoran yang mengendap dan menjadi kerak sehingga sulit untuk di bersihkan.

2. Matikan Pasokan Gas Sebelum Membersihkan

Sebelum di bersihkan pastikan kompor gas dalam keadaan mati dan jangan lupa putuskan pasokan gas sebelum melakukan pembersihan kompor gas, karena untuk menjaga keamanan dan mencegah terjadinya kebocoran gas saat di bersihkan.

BACA JUGA:Mengungkap Salah Satu Kunci Kebahagiaan Menurut Buku The Courage To Be Disliked

BACA JUGA:Naik Mobil VW Sambil Cicipi Kopi Luwak Di Desa Wisata Tuksongo, Jadi Inspirasi Pengembangan Sektor Wisata

3. Pisahkan Bagian-bagian Yang Dapat di Lepas

Setiap kompor gas pasti ada bagian-bagian yang dapat di lepas, sebelum memulai pembersihan lepas bagian kompor yang dapat di bongkar pasang seperti Burner, alat pengatur api, dan juga tutup nya.

Hal tersebut untuk memudahkan dalam proses pembersihan kompor gas agar bersih ke dalam-dalamnya dan terhindar dari kotoran yang membandal.

4. Rendam Bagian Yang Dapat di Lepas

Jika ada bagian-bagian kompor gas tersebut yang kotor dan terdapat kerak yang membandel, maka bagian tersebut di rendam memakai air hangat dan bisa juga menuangkan detergen atau cairan pembersih setelah itu diamkan selama beberapaa menit.

Hal ini dapat memudahkan proses pembesrihan kerak yang membandel dan juga penghilangannya, lakukan seperti itu setiap selesai memakai kompor gas agar tidak mudah berkerak.

5. Lakukan Pembersih Alami Dari Soda Kue

Ketika bagian kompor yang akan di rendam buat terlebih dahulu soda kue dan air dan biarkan selama 10 menit selama perendaman nya.

Setelah di rendam selama 10 menit keluarkan burner dari air dan oleskan pasta gigi pada bagian yang memiliki banyak kerak secara merata setelah itu diamkan selama 30 menit.

BACA JUGA:Hidup Sehat, Mulai dari Camilan! Ini Dia 5 Rekomendasi Jajanan Minimarket Tanpa Gula Tambahan

BACA JUGA:Tips Menyiram Tanaman Supaya Tumbuh Lebih Subur, Ternyata Gak Boleh Sembarangan Ada Waktu Khusus

6. Sikat Bagian Kotor Sampai Bersih

Setelah proses perendaman sikat bagian-bagian kompor gas yang dapat di lepas dengan memakai sikat yang berbulu lembut atau sikat gigi yang sudah tidak dipakai.

Cara nya yaitu dengan menggosok secara lembut untuk menghilangkan kerak dan juga kotoran yang menempel setelah bagian tersebut di gosok semua bilas dengan menggunakan air bersih supaya bersih dan kinclong.

7. Bersihkan Bagian Yang Tidak Dapat di Lepas.

Nah ada juga bagian kompor yang tidak dapat di lepas oleh karena itu cara membersihkan nya dengan menggunakan spons atau lap lembut yang sudah di basahi dengan air hangat dan cairan pembersih.

Jangan lupa juga untuk menaburkan sedikit soda kue di atas kompor gas lalu semprotkan dengan cuka setelah itu diamkan selama 15 menit.

Setelah itu gunakan spons atau kain lembab untuk membersihkan pasta dari burner dan juga tutup kompor, dan lakukan hal yang sama untuk bodi kompor gas.

8. Pastikan Semua Bagian Kering Sebelum di Pasang Kembali.

Sebelum memasang bagian kompor gas pastikan bagian yang sudah dibersihkan benar-benar kering semua sebelum di pasang kembali ke bagian kompor nya.

Dan jangan lupa periksa juga saluran gas untuk memastikan tidak ada bagian yang tersumbat sebelum  menghidupkan kembali pasokan gas.

Pasang dengan biaik sesuai dengan aturannya agar tidak ada bagian yang salah dan terhindar dari kerusakan pada kompor gas, nah itu beberapa tips untuk membersihkan kompor secara sederhana dan mudah untuk di coba di rumah.

 

Kategori :