Menghidupkan Kembali Keunikan Rasa Tradisional 5 Makanan Asal Betawi yang Tidak Boleh Terlewatkan

Rabu 02-10-2024,09:06 WIB
Reporter : Dea Alfiatun
Editor : Hilmi Pramudya

5. Semur Jengkol

Wah disini siapa nih yang suka jengkol, jengkol ini salah satu makana yang kurang peminatnya bukan? Apalagi anak-anak muda nih.

Nah, ternyata  semur jengkol ini merupakan makanan khas betawi loh. Bahkan makanan yang paling terkenal juga.

Bahan utama dari semur jengkol ini ialah jengkol itu sendiri, jengkol ini memiliki tekstur yang kenyal dan juga agak sedikit bertesktur kasar loh.

Uniknya jengkol jug memiliki aroma yang kurang sedap, namun ketika kita megolahnya untu menjadi makanan aroma dari jengkol ini akan sedikit hilang.

Untuk menghilangkan aroma baunya, kalian bisa memlakukan dengan merebus jengkolnya dan dikasih garam secukupnya.

Bagi orang betawi semur jengkol ini merupakan hidangan makanan yang sangat wajib ada saat makan, oleh karena itu disetiap rumah makan yang ada di betawi selalu disajikan semur jengkol.

BACA JUGA:Pecinta Cumi Wajib Coba!! Ini Resep Sambal Cumi Yang Bikin Nagih...

BACA JUGA:4 Indomie Hacks Paling Enak, Dijamin Ketagihan Bikin Kamu Recook Terus!

Sebenarnya masih banyak rekomendasi khas betawi lainnya yang harus kalian tau, namun jika kalian mengunjungi betawi kalian harus coba kuliner dan masakan khas betawi lainnya ya.

Contohnya seperti Laksa Betawi, Ayam Sampyok, Pindang Bandeng, Bubur Ase, Sengkulun, Dodol Betawi, Roti Buaya, Kue Kembang Goyang, Es Selendang Mayang, Es Doger, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jangan salah loh kuliner juga bisa menjadi daya tarik wisata yang bisa mencintai makanan khas kita ini loh, yuk kita perkenalkan khas makanan budaya lokal untuk saling memperkenalkan nilai budaya yang lebih luas.

 

Kategori :