Guru Dibekali Ilmu Transformasi Digital dan Inovasi Pembelajaran, Implementasi Transformasi Digital di Sekolah

Rabu 30-07-2025,17:08 WIB
Reporter : Nurohman
Editor : Klendi

RADARTASIKTV.ID - Komisi Sepuluh DPR RI bersama Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Guru, Tenaga Kependidikan, Pendidikan Guru Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, menggelar diskusi transformasi digital dan inovasi pembelajaran bagi guru dan tenaga kependidikan, selasa siang.

Dalam kegiatan ini, puluhan guru serta Tenaga Kependidikan, Kota-Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan paparan dari Anggota Komisi Sepuluh DPR RI, Ferdiansyah, terkait transformasi digital dan inovasi pembelajaran.

Anggota Komisi Sepuluh DPR RI, Ferdiansyah menyampaikan, masih banyak guru di Kota-Kabupaten Tasikmalaya belum paham betul terkait bagaimana kompetensi yang harus dimiliki, bagaimana melakukan tahapan-tahapan supaya transformasi digital bisa menjadi baik dan benar.

BACA JUGA:Puluhan PPPK Dishub Kota Banjar Belum Terima Honor, Dana Tidak Mencukupi Jadi Alasan Keterlambatan

BACA JUGA:MAN 3 Tasik Komitmen Tingkatkan Mutu Pendidikan, Terus Raih Prestasi di Tengah Tantangan Sarana dan Prasarana

Solusi dari hal tersebut adalah dengan memperbanyak kegiatan serupa, serta mengecek ke sekolah-sekolah, bagaimana implementasi transformasi digital berjalan di sekolah.

“Ingin mengecek, tujuannya bukan melakukan, mendapatkan informasi tentang pemahaman guru terhadap transpormasi digitalisasi dan inovasi konteknya dalam hal pembelajaran, ternyata memang banyak guru di Kabupaten Kota Tasikmalaya belum faham sekali, mengerti sudah lumayan banyak, tapi faham bagaimanan kompentensi yang harus dia miliki, bagaimana dia harus melakukan tahapan tahapan supaya transformasi digital bisa menjadi baik dan benar, itu kayaknya masih perlu waktu, apa solusinya? ya diperbanyak kegiatan seperti ini, yang kedua harus mengecek ke sekolah sekolah, bagaimana implementasi transpormasi digitalisasi pembelajarannya di sekolah, nah itu harus kita cek,” ujarnya.

Ferdiansyah menambahkan, kegiatan serupa perlu dilakukan berulang-ulang dengan segmentasi guru yang berbeda. Selain itu menurutnya harus ada guru yang disiapkan, yang bisa membimbing guru lainya dalam rangka digitalisasi transformasi dalam kontek inovasi pembelajaran.

Simak Berita Selengkapnya dalam Video Berikut :

 

 

Kategori :