Tips Membuat Lamaran Kerja Agar Lolos dan Terpilih

Minggu 25-06-2023,22:14 WIB
Reporter : Ineu Melia
Editor : Ineu Melia

Radar TV - Untuk mendapatkan pekerjaan, kamu tentu harus tau cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar. Hal tersebut meruapakan langkah penting dalam mencari pekerjaan. Yuk simak tips-tips yang bisa kamu ikuti.

Ini Dia Tips Membuat Lamaran Kerja

-Informasi Kontak: Pertama, sertakan informasi kontak kamu di bagian atas lamaran, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. BACA JUGA: Tips Hilangkan Grogi Saat Wawancara Kerja yang Wajib Kamu Tau -Salam Pembuka: Cantumkan salam pembuka yang sopan, seperti "Kepada [nama perekrut] yang terhormat," atau "Halo Tim Perekrutan." -Pernyataan Tujuan: Selanjutnya, silahkan jelaskan tujuan kamu melamar pekerjaan tersebut dan alasan kamu tertarik pada perusahaan atau posisi yang sedang dibuka. -Pengenalan Diri: Kenalkan diri dengan singkat, cantumkan pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. -Penekanan Pada Prestasi: Paparkan juga pencapaian terbaik kamu yang relevan dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Buktikan kemampuan dan keberhasilan kamu dengan memberikan contoh konkret. -Motivasi dan Komitmen: Kemudian, sampaikan motivasi dan komitmen kamu terhadap pekerjaan tersebut. Jelaskan juga kenapa kamu yakin bahwa perusahaan dan posisi tersebut cocok dengan visi, nilai-nilai, dan tujuan karier kamu yaa. -Penutup: Lalu, berikan penutup yang baik dengan mengucapkan terima kasih atas pertimbangan perekrut dan ekspresikan harapan dan keinginan kamu untuk berpartisipasi dalam proses seleksi lebih lanjut. -Tanggal dan Tanda Tangan: Cantumkan tanggal dan tanda tangan kamu di akhir lamaran. -Periksa dan Koreksi: Cek dan koreksi kembali tata bahasa, ejaan, dan kesalahan lainnya sebelum mengirimkan lamaran yaa. -Kirimkan dalam Bentuk Elektronik: Silahkan kirimkan lamaran dalam format elektronik, seperti melalui email atau formulir online yang disediakan oleh perusahaan. -Lampirkan CV: Jangan lupa untuk menyertakan CV yang terbaru dan relevan, menjelaskan secara rinci pengalaman, pendidikan, dan kualifikasi kamu. Selain tips-tips di atas, usahakan lamaran kamu satu halaman yang padat dan sesuaikan dengan perusahaan juga ya. Selain itu, pastikan juga lamaran kerja kamu terlihat profesional. Jangan lupa untuk follow-up setelah kamu mengirimkan lamaran. Nah, itulah tadi tips membuat Lamaran kerja yang bisa kamu ikuti yaa. Semoga bermanfaat. (***)

Tags :
Kategori :

Terkait