Sering Dianggap Lebih Murah, Segini Kisaran Rakit Sepeda Lipat!

Senin 03-07-2023,08:24 WIB
Reporter : Admin Radartv
Editor : Admin Radartv

RADAR TV - Katanya, kisaran rakit sepeda lipat lebih murah dari pada membeli jadi. Benarkah demikian? Mari coba hitung kasar. Semenjak pandemi menyerang, kesadaran masyarakat mengenai kesehatan dan olahraga semakin meningkat.  Salah satunya adalah bersepeda. Olahraga yang satu ini adalah salah satu yang meningkat setelah pandemi. Sebab, olahraga ini memiliki banyak manfaat. Selain bisa mengolah otot-otot, dengan bersepeda juga kita memiliki kesempatan untuk melihat-lihat.


BACA JUGA:  Pilih Beli Jadi atau Rakit Sepeda? Ini Pertimbangannya?
Pasalnya, bersepeda hanya bisa kalian lakukan outdoor . Sehingga, ada kesenangan tersendiri saat menjalaninya. Nah, salah satu yang terkena efek dari peningkatan peminat bersepeda ini adalah minat terhadap sepeda lipat. Sepeda lipat dianggap praktis dari sepeda lain. Sehingga bagi yang punya mobilitas tinggi, sepeda lipat bisa jadi pilihan. Nah, bagi kalian yang berminat untuk membeli sepeda lipat. Ini kisaran harga untuk merakitnya.
BACA JUGA:  Buat yang Suka Rakit-Rakitan, Segini Harga Rakit Sepeda Gunung
Untuk merakit sepeda lipat, setidak-tidaknya ada 3 bagian utama yang akan kalian beli. Bagian-bagian tersebut adalah frame, groupset dan Wheelset.

Frame

Komponen Yang pertama ini cukup sulit untuk didapatkan. Sialnya, komponen ini juga yang paling utama untuk merakit sepeda lipat. Untuk sepeda lipat, setidaknya ada dua brand fram terkenal. Yaitu, Fnhon dan Flock OTD.
BACA JUGA:  Sudah Sepeda Listrik, Ini Sepeda Pacifik Keluaran Terbaru
Ketika dapat menemukannya pun, harga dari frame dengan brand tersebut cukup mahal. Ada di kisaran 3-4 jutaan.

Grupset

Group set sendiri terdiri dari shifter, crank, rantai, chairing dan sproket. Nah, komponen ini ada yang jual terpisah. Ada pula yang sudah satu set. Bagian pertama dari komponen ini adalah shifter atau pengoper gigi.
BACA JUGA:  Berapa Sih Harga Sepeda Brompton Termahal, Benar Seharga DP Rumah DiKawasan Elite
Biasanya bagian ini sepaket dengan beberapa komponen  yang lainnya. Yaitu, sprocket dan rear derailleur. Kisaran harganya ada di 500 - 1 jutaan. Selanjutnya asa crank . Biasanya ada dua tipe crank ada yang single speed dan dual speed. Harganya sekitar, 200-600 ribuan. Lalu, ada chairing . Kisaran harganya antara 300 - 700 ribuan. Kemudian, rantai. Sebenarnya komponen ini tidak terlalu mahal. Kisaran harganya dari 100-500 ribuan.
BACA JUGA:  Rekomendasi Olahraga Membentuk Otot Perut yang Ampuh, Dijamin Berhasil!

Wheelset dan Ban

Komponen ini terdiri dari rims (pelek), as roda dan jari-jari serta ban. Kisaran harga wheelset yang sudah lengkap dengan ban bisa kalian dapatkan dari 1 jutaan saja. Itu dia pembahasan mengenai kisaran rakit sepeda lipat. Semoga bisa membantu kalian, ya! (***)
Tags :
Kategori :

Terkait