Berikut Beberapa Pertimbangannya Tukar Uang di Money Changers

Sabtu 18-11-2023,18:00 WIB
Reporter : Nurohman
Editor : Nurohman

RADAR TASIK TV - Hal penting yang kamu perlukan saat bepergian ke luar negeri adalah uang. Tentunya kamu perlu menukar uang terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya disana.

Salah satu opsi yang sering dipilih adalah menggunakan layanan money changer, untuk kamu yang sering pergi keluar negeri pasti tidak akan asing dengan istilah tersebut.

Secara harfiyah money changer bisa diartikan sebagai pedagang uang, tentunya yang diperdagangkan adalah mata uang asing.

Namun, sebelum melakukan transaksi di money changer, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Yaitu sebagai berikut:

1. Pilih money changer legal yangg sudah memiliki izin resmi dari Bank Indonesia (BI) sebagai pedagang valuta asing berizin. Maka disini kamu bisa melakukan riset dan perbandingan. Ada banyak money changer di kota-kota besar yang menawarkan kurs dan biaya tukar yang berbeda. Dengan membandingkan beberapa tempat, kamu bisa mendapatkan kurs terbaik dan biaya tukar yang lebih menguntungkan.

 

2. Datangi lokasi money changer tersebut, lalu tanyakan berapa nilai kurs mata uang yang ingin di tukar (beli-jual). Namun sebelum melakukannya, kamu perlu memperhatikan biaya-biaya tersebut dan pastikan kamu memahami jumlah yang akan dibayar. Beberapa tempat mungkin menawarkan kurs yang lebih baik, tetapi membebankan biaya yang tinggi. Maka pilihlah money changer yang memberikan komisi atau biaya yang wajar.

BACA JUGA:Mobil Hybrid: Melangkah Menuju Masa Depan Berkelanjutan di Industri Otomotif

3. Opsi lainnya, kamu bisa menemukan money changer yang memiliki website dan bisa cek informasi harga kurs mata uang yang secara online sebelum tukar uang.

 

4. Kemudian kamu perlu memeriksa keaslian uang  tersebut. Pastikan periksa ciri-ciri keamanan dan keaslian mata uang tersebut, seperti tanda air, benang pengaman, dan fitur keamanan lainnya. 

 

5. Tukarlah uang ke mata uang yang dikehendaki dan lakukan pembayaran. Beberapa money changer memiliki sistem pembayaran non tunai yakni transfer menggunakan kartu debit. Namun pada praktiknyna, masih banyak money changer yang hanya menerima uang tunai saja.

 

6. Untuk kebutuhan tukar uang yang sifatnya mendadak, kamu bisa mencari money changer yang berada di bandara di dalam maupun di luar. Namun biasanya rate kurs nilai tukarnya akan lebih mahal.

Kategori :