Tidak Hanya Menjadi Kampus Terbaik, Ternyata 4 Kampus Ini Kampus Tertua di Indonesia

Sabtu 02-12-2023,06:00 WIB
Reporter : Ika Nuraeni
Editor : Ika Nuraeni

1. Universitas Indonesia (UI)

Perguruan tinggi ini di dirikan pada tahun 1849. Awalnya, perguruan tinggi ini merupakan sekolah kedokteran bagi pribumi pada masa kolonial Belanda. 

Setelah kemerdekaan Indonesia, perguruan tinggi ini berubah namanya menjadi Universitas Indonesia pada tahun 1950 dan terus berkembang menjadi perguruan tinggi terua dan terbaik di Indonesia.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas ini didirikan pada tahun 1949 di Yogyakarta. Perguran tinggi ini awalnya berfungsi sebagai akademi pertanian untuk memajukan sektor pertanian di Indonesia. 

Namun setelah berkembang, perguruan tinggi ini menjadi universitas terkemuka dengan berbagai program studi di bidang kesehatan, sosial, sains, dan humaniora.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung atau biasa dikenal dengan sebutan ITB awalnya bernama Technische Hoogeschool te Bandoeng. Perguruan tinggi ini menjadi pusat pendidikan teknik pertama di Indonesia yang awalnyamenawarkan program studi di bidang mesin, teknik sipil dan elektro.

ITB terus mengalami perkmbangan yang berhasil menawarkan berbagai program studi di bidang seni, sains, manajemen dan ilmu teknik.

BACA JUGA:Berikut Daftar kampus Di Tasikmalaya, Nomor 6 Paling Favorit

4. Universitas Padjajaran (UNPAD)

UNPAD atau Universitas Padjajaran bermula sebagai perguruan tinggi cabang dari Universitas Indonesia yang didirikan pada tahun 1957 di Bandung.

Seiring dengan perkembangannya, pada tahun 1961, universitas ini menjadi perguruan tinggi yang otonom dan terus berkembang dan berhasil menjadi salah satu universitas terkemuka di Indonesia dengan berbagai program studi yang ditawarkan dalam berbagai bidang.

Semoga bermanfaat.

 

 

Kategori :