Cara Cek Pajak Kendaraan Lewat HP, Sambil Rebahan Juga Bisa

Senin 11-12-2023,09:15 WIB
Reporter : Ima Hilmayanti
Editor : Ima Hilmayanti

RADAR TASIK TV- Kamu tahu gak? kalo sekarang cek pajak kendaraan bisa lewat HP,  makin gampang, lo! Gak perlu ribet.

Bayangin, dulu kan mesti antre di kantor Samsat atau repot nyari info di sana-sini, sekarang udah bisa cek semuanya lewat HP. Bayar pajak kendaraan tiap tahun tuh wajib hukumnya, baik buat mobil maupun motor.

Biayanya bisa beda-beda tergantung merek atau jenisnya. Nah, kamu bisa cek pajak kendaraan lewat HP, biar kamu bisa siap-siap. Kalo bayar tepat waktu, nggak kena denda tambahan.

BACA JUGA:Sering Telat Bayar Pajak? Lakukan Tips Ini Agar Bisa Bayar Tepat Waktu

biaya pajak kendaraan itu nggak ditentuin dari berapa gede penghasilan pemiliknya, guys. Tarif pajak mobil atau motor itu ditentuin dari nilai jual kendaraan yang dievaluasi tiap tahun. Nah, karena itu, biaya pajaknya bisa beda tiap tahunnya, lho.

Pajak kendaraan bisa lebih mahal juga kalo kamu punya lebih dari satu kendaraan di satu rumah. Namanya tarif pajak progresif. Nah, kamu bisa cek pajak kendaraannya hanya lewat HP.

Ketentuannya, pajak kendaraan pertama kena biaya sekitar 1-2 persen. Kalo punya kendaraan kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya, bisa kena biaya 2-10 persen.

Cara Cek Pajak Kendaraan Lewat HP

Gini nih, gara-gara besaran biaya pajak bisa beda tiap tahun, penting banget nih buat cek biaya pajak mobil atau motor kamu secara online. Teknologi sekarang memudahkan banget kok, tinggal cek pake HP aja.

Ada tiga cara cek biaya pajak mobil secara online yang bisa kamu coba, guys. Ini beberapa pilihannya:

1. Website Samsat

Cara termudah cek biaya pajak mobil itu datang ke website resmi Samsat. Di sini nggak cuma bisa cek biaya pajak aja, tapi juga dapetin info lain, kayak tanggal jatuh tempo pajak kendaraan.

Tapi inget, website resmi Samsat bisa beda antar daerah, guys. Contohnya, Jakarta punya website resmi Samsat sendiri.

Langkahnya gini buat cek biaya pajak mobil via website Samsat:

Buka website resmi Samsat.

Kategori :