Benarkah HP Bisa Pengaruhi Psikologi Anak? Begini Penjelasannya...

Selasa 09-01-2024,22:00 WIB
Reporter : Nazwa
Editor : Hilmi Pramudya

RADAR TASIK TV - Penggunaan gadget pada anak memang tidak bisa dihindari di era digital ini. Namun, pengaruhnya terhadap psikologi anak perlu diperhatikan dan tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Meskipun gadget menawarkan banyak manfaat, seperti akses informasi dan edukasi, penggunaannya yang berlebihan dapat menyebabkan dampak negatif pada psikologi anak, seperti:

HP bisa memengaruhi psikologi anak, baik secara positif maupun negatif. Dampaknya tergantung pada beberapa faktor, seperti:

Usia anak: Anak yang lebih kecil (di bawah usia 2 tahun) lebih rentan terhadap dampak negatif HP karena otak mereka masih berkembang.

Durasi penggunaan: Penggunaan HP yang berlebihan (lebih dari 2 jam sehari) lebih berisiko menimbulkan dampak negatif.

BACA JUGA:Apa Itu Self Reward? Ini Penting Dilakukan Demi Kesehatan Mental

Konten yang diakses: Konten yang tidak sesuai dengan usia anak, seperti konten kekerasan atau pornografi, dapat membahayakan perkembangan psikologis anak.

Dampak positif HP:

Media edukasi: HP dapat digunakan sebagai media edukasi untuk anak, seperti belajar membaca, berhitung, dan bahasa asing.

Kreativitas: HP dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak, seperti menggambar, bermain musik, dan membuat video.

Sosial: HP dapat membantu anak untuk bersosialisasi dengan teman dan keluarga, terutama saat mereka tidak bisa bertemu secara langsung.

BACA JUGA:Rekomendasi 10 Game untuk anak usia 3 tahun, bisa Bermain sambil Belajar

BACA JUGA:Pernah Pusing Kepala Secara Tiba-Tiba? Kenali Gejala Dan Cara Mengatasinya

Dampak negatif HP:

Kecanduan: Penggunaan HP yang berlebihan dapat menyebabkan anak menjadi kecanduan, sehingga sulit untuk fokus pada hal lain.

Tags :
Kategori :

Terkait