Manfaat kayu Putih Yang Jarang Orang Ketahui, Lengkap Dengan Cara Penggunaanya

Kamis 11-01-2024,17:38 WIB
Reporter : Ika Nuraeni
Editor : Ika Nuraeni

RADAR TASIK TV. Minyak kayu putih memiliki sejumlah manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan dan kehidupan sehari-hari.

Namun, masih sedikit orang yang mengetahui bahwa minyak kayu putih ternyata tidak hanya untuk menghangatkan tubuh saja. 

Kayu putih atau biasa disebut dengan cajuput merupakan sebuah tumbuhan yang tumbuhan di wilayah Asia Tenggara, terutama di Indonesia dan Australia.

Minyak kayu putih ini, diekstrak dari daunnya yang memiliki banyak kesehatan dan biasa digunakan dalam pengobatan tradisional.

BACA JUGA:Minyak Kelapa Untuk Menghilangkan Ketombe, Begini Cara Pakainya

Apa Itu Minyak Kayu Putih?

Minyak kayu putih adalah minyak yang dibuat dari ekstrak daun pohon kayu putih. Prosesnya, melibatkan destilasi uap daun pohon tersebut.

Pohon kayu putih mempunyai nama ilmiah yaitu Melaeuca leucadendra yaitu sejenis tumbuhan yang serumpun seperti Melaleuca alternifolia.

Minyak kayu putih ini mempunyai senyawa aktif, termasuk alpha-terpineol, cineole, dan alpha-terpinene. Beberapa senyawa tersebut menghasilkan minyak yang memiliki sifat antiseptik, antiinflamasi dan antispasmodik.

Manfaat Minyak Kayu Putih yang Belum Banyak Orang Tahu

Berikut ini adalah beberapa manfaat kayu yang mungkin jarang orang tahu, lengkap dengan cara penggunaannya.

1. Pengobatan Flu dan Batuk

Manfaat minyak kayu putih yang pertama yaitu minyak kayu putih mempunyai sifat yang mampu membantu meredakan pilek, batuk dan gejala flu.

BACA JUGA:Bawang Merah Dicampur Minyak Kelapa Ampuh Turunkan Panas Anak, Mitos Atau Fakta?

Untuk menggunakannya, kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas atau inhalasi uap yang bertujuan untuk membantu membersihkan saluran pernapasan.

Kategori :