1. Siapkan dokumen
Untuk mencairkan kartu ini, pastikan kamu mempunyai semua dokumen yang dibutuhkan, diantaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu identitas (KTP) dan yang lainnya.
2. Kunjungi Kantor pelaksana Program
Setelah dokumen disiapkan, kunjungilah kantor yang bertanggung jawab atas penyaluran pencairan dana tersebut. Biasanya, kantor ini berada di lembaga pelaksana program di daerah terdekatmu.
3. Penuhi syarat dan ketentuan
Sebaiknya kamu memastikan kembali semua persyaratan dan ketentuan yang berlaku di daerahmu. Biasanya, setiap daerah memiliki kebijakan syarat dan ketentuan yang berbeda-beda.
4. Verifikasi Identitas
Verifikasi ini biasanya dilakukan di kantor yang bersangkutan. Pastikan semua dokumen persyaratan yang kamu bawa tidak ada yang tertinggal dan sesuai dengan yang sudah ditetapkan.
BACA JUGA:Punya Kartu Identitas Anak (KIA) Bisa Dapat Bantuan? Cek Faktanya di Sini....
5. Ikut Petunjuk petugas
Jika kamu belum mengetahui alur proses pencairan ini, sebaiknya kamu aktif bertanya dan ikuti semua arahan atau petunjuk dari petugas dengan cermat.
6. Tunggu verifikasi dan pencairan
Setelah kamu menyerahkan dokumen dan mengikuti semua petunjuk dengan baik, tunggulah proses verifikasi dan persetujuan dari petugas atau pihak yang bersangkutan.
7. Cek rekening
Biasanya dana mungkin dicairkan melalui transfer bank atau metode pencairan lainnya yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Berikanlah informasi atau nomor rekening yang benar agar proses pencairan ini berjalan dengan cepat.
8. Periksa status pencairan