Tata Cara dan Panduan Lengkap Sholat Istikharah yang Benar Menurut Ustadz Adi Hidayat, Yuk Simak...

Kamis 29-02-2024,20:00 WIB
Reporter : Dalia Nura
Editor : Hilmi Pramudya

وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ*) خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ*) شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

"Allahumma inni astakhii-ruka bi 'ilmika, wa astaq-diruka bi qud-ratika, wa as-aluka min fadh-likal adziim, fa in-naka taq-diru wa laa aq-diru, wa ta'lamu wa laa a'lamu, wa anta 'allaamul ghuyub.

Allahumma in kunta ta'lamu anna hadzal amra khairan lii fii diinii wa ma'aasyi wa 'aqibati amrii faq-dur-hu lii, wa yas-sirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.

Wa in kunta ta'lamu anna hadzal amra syarrun lii fii diinii wa ma'aasyi wa 'aqibati amrii, fash-rifhu 'annii was-rifnii 'anhu, waqdur lial khaira haitsu kaana tsumma ardhi-nii bih.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Allah seandainya engkau tahu bahwa masalah ini (ungkap masalahmu) baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalam masalah ini. 

BACA JUGA:Bukan Hanya di Sepertiga Malam, Ternyata Berdoa di 3 Waktu Saat Bulan Ramadhan Ini Doa Kita Mudah Dikabulkan

BACA JUGA:Yuk Catat, Ini 5 Menu Sahur Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Anak yang Sedang Belajar Puasa

Namun jika Engkau tahu bahwa masalah ini (ungkap masalahmu) buruk untukku, agamaku, dan jalan hidupku, jauhkanlah aku darinya dan jauhkanlah masalah itu darinya. Jabarkanlah kebaikan bagiku dimanapun kebaikan itu berada, dan ridholah aku dengan kebaikan". 

Doa ini memohon petunjuk kepada Tuhan, berdasarkan keyakinan bahwa Allah SWT Maha Tahu dan Maha Kuasa.

Sholat istikharah dapat dilakukan kapan saja, kecuali pada tiga waktu yang dilarang: saat matahari terbit, matarahari berada di tengah langit, dan matahari terbenam. Dan waktu yang paling utama melaksanakan shalat Istikharah adalah pada sepertiga malam terakhir atau setelah melaksanakan shalat Isya hingga sebelum matahari terbit. 

Dengan menjalankan sholat istikharah sesuai tata cara dan waktu yang dianjurka, seorang muslim diharapkan mendapatkan petunjuk dalam menghadapi setiap permasalahn dan menentukan pilihan terbaik. 

Dengan sholat istikharah, hati kamu akan menjadi lebih mantap terhadap suatu hal yang akhirnya kamu yaini untuk kamu pilih. Terutama mereka yang meyakini bahwa jawaban dari sholat istikharah melalui mimpi, namun mereka tak kunjung mendapatkan jawaban dari mimpi tersebut. 

Ustadz adi hidayat menjelaskan mengenai jawaban sholat istikharah, bahwa jawaban istikharah bisa berupa beberapa petunjuk. Petunjuk disini diberikan agar dapat membangkitkan hati seseorang dalam menentukan pilihan. 

Beberapa petunjuk yang bisa kita ketahui jika seseorang selesai holat istikharah, perlu untuk diingat bahwa jawaban sholat istikhaah setiap orang tidak sama, pasti berbeda-beda. 

BACA JUGA:Keutamaan Puasa Di 10 Hari Terakhir Ramadhan, Ustadz Adi Hidayat Ungkap Keuatamaan Yang Tak Terduga Ini

BACA JUGA:Niat I'tikaf di Masjid Selama Ramadhan, Ada Keutamaan yang Tak Terduga Bagi Yang Mau Menjalaninya

Kategori :