Hindari Konsumsi Ini Saat Sahur, Ini 5 Makanan dan Minuman yang Bikin Cepat Haus Saat Puasa Ramadhan

Senin 11-03-2024,09:21 WIB
Reporter : Dalia Nura
Editor : Hilmi Pramudya

3. Minuman Manis

Minuman manis memang sangat memulihkan energi saat kamu membutuhkan cairan. Meski begitu, minuman denga kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan laju kehilangan air dalam tubuh. 

Minuman manis dapat menciptakan lingkungan asam yang bisa merusak fungsi enzim dan menurunkan kapasitas penyimpanan air dalam tubuh yang diperlukan untuk metabolisme semua kelebihan gula dalam sistem. 

Batasilah konsumsi minuman manis termasuk minuman berenergi, minuman bersoda, dan minuman olahraga untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa. 

4. Mie Instan

Waktu sahur yang singkat mungkin membuat kamu memilih mengonsumsi mie instan untuk menu sahur. Tetapi mie instan mengandung banyak bahan pengawet dan sedikit mengandung serat. 

BACA JUGA:Cocok di Minum Siang-Siang, Ini Bahan-Bahan Untuk Membuat Sparkling Lychee Tea yang Menyegarkan

BACA JUGA:Ide Jualan Takjil Ramadan: Alpukat Sago yang Sehat dan Menyegarkan, Dijual Rp 5000 Sudah Untung Besar

Ini bisa membuat gizi dalam tubuh tidak seimbang jika terlalu serring mengonsumsinya. Selain itu juga, saat sahur mengonsumsi mie instan kita akan jadi cepat haus. Ini dikarenakan mie instan mengandung MSG. 

MSG bisa memberikan efek cepat haus karena mengandung garam yang tinggi. Dan mie instan juga bisa bikin cepat lapar karena mengandung sedikit protein. 

5. Makanan Pedas

Sebagian besar masyarakat indonesia menyukai makanan pedas, termasuk kamu bukan? Maka dari itu tidak heran jika makanan pedas sering menjadi pilihan untuk menu sahur. 

Namun kebiasaan mengonsumsi makanan pedas saat sahur harus dihindari karena bisa menyebabkan sejumlah masalah pencernaan, seperti produksi asam lambung meningkat, mulas, sakit perut, hingga diare.

Jika sudah diare, tubuh akan mudah mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu hindarilah mengonsumsi makanan pedas sahur. 

Itulah 5 makanan dan minuman yang harus kamu hindari saat sahur agar tidak cepat haus saat puasa ramadhan, dan tidak mengganggu ibadah puasa kamu. Pilihlah makanan dan minuman yang aman dan terhindar dari dehidrasi saat siang hari saat puasa ramadhan. 

Selamat melaksanaan ibadah puasa ramadhan. 

Kategori :