Resep Opor Ayam Spesial Untuk Hidangan Lebaran 2024, Simpel dan Enak

Rabu 13-03-2024,08:48 WIB
Reporter : Anisa Fitria
Editor : Hilmi Pramudya

BACA JUGA:Bau-Bau Ramadhan Sudah Tercium, Yuk Spill 10 Menu Kue Kering untuk Lebaran, Bisa untuk Ide Jualan Loh...

BACA JUGA:Cuma Butuh 2 Bahan Utama, Ini Resep Jelly Salju Kristal yang Manis dan Cocok Untuk Menu Takjil

2. Potong-potong sesuai dengan selera dan cuci bersih ayam yang akan digunakan untuk membuat opor. Campurkan dengan ½ sdt garam hingga merata dan diamkan sebentar hingga meresap.

3. Lalu goreng ayam hingga setengah matang, kemudian angkat dan tiriskan sambil menunggu bumbu yang akan di buat

4. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan tadi. Seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, kemiri, kunyit dan merica.

5. Setelah bumbu halus lalu masukan ke dalam penggorengan di aduk hingga merata, dan di tumis hingga matang sampai harum.

6. Masukan daun salam, daun sereh, daun jeruk dan lengkuas yang sudah di cuci bersih. Lalu tumis hingga semuanya matang merata.

7. Setelah bumbu matang merata dan harum, masukan potongan ayam tadi yang sudah di goreng ke dalam bumbu yang sudah matang, aduk hingga semuanya tercampur merata ayam tertutup oleh bumbunya.

8. Masukan air secukupnya dan masak hingga ayam matang dengan keseluruhan secara merata.

9. Tambahkan kaldu bubuk, penyedap rasa dan garam secukupnya atau bisa disesuaikan dengan selera masak hingga merata dan bumbu meresap kedalam daging.

10. Lalu masukan santan kental instan atau santan yang di cairkan langsung dari kelapanya secukupnya, disesuaikan dengan selera kamu dan di aduk hingga tercapur.

11. Tunggu hingga ayam dan bumbu meresap dan matang merata sambil di aduk kembali dan rasakan apakah bumbunya sudah atau belum.

12. Setelah ayam dan bumbunya sudah meresap dan matang secara keseluruhan, maka angkat dan masukan opor yang sudah matang kedalam wadah yang sudah disiapkan.

13. Opor ayam siap untuk disajikan dan di makan sebagai lauk dengan tambahan ketupat.

Nah itu dia bahan-bahan dan cara membuat opor spesial lebaran yang harus ada setiap lebaran, sebagai salah satu menu yang sering dicari oleh banyak orang.

Gampang kan cara membuatnya, yu buruan cobain menu lebaran opor ayam ini!

Kategori :