Hukum Alam, Suami Zalim Pasti Dihinakan Allah SWT di Dunia dan Akhirat, Yuk Simak Kajian Singkatnya

Kamis 28-03-2024,14:42 WIB
Reporter : Ima Hilmayanti
Editor : Hilmi Pramudya

BACA JUGA:Doa Agar Anak Tidak Rewel Saat Malam Hari, Si Kecil Insha Allah Lebih Tenang

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu pasangan-pasangan dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang."

Konsekuensi Jika Suami Zalim pada Istrinya

Namun, apa yang terjadi ketika seorang suami menghinakan atau mendzalimi istrinya? Kajian yang disampaikan menegaskan bahwa alam akan bergerak atas perintah Allah SWT untuk menghinakan suami tersebut.

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an, Surah Ar-Rum ayat 41, "Korbanilah sesuatu yang diridhai oleh Allah (dengan berkurban), ketika kalian beriman kepada Allah dan hari kemudian.

Barangsiapa yang mengada-adakan sesuatu perumpamaan tentang Allah, maka sesungguhnya Allah melindungi (dari keburukan) kepada orang-orang yang beriman."

Banyak yang bertanya, apakah ketika suami mendzolimi istrinya, rezekinya akan seret atau jabatannya akan hilang? Jawabannya belum tentu.

Allah SWT memiliki kekuasaan untuk menghinakan seorang suami tanpa harus mengambil harta atau kedudukannya.

Allah maha baik karena banyak yang tidak diambil apa yang sudah diberikan kepada suaminya, tetapi Allah akan memberikan rasa kegelisahan dalam hidupnya.

Dalil Al-Qur'an dan Hadis Mengenai Suami yang Harus Memuliakan Istrinya

Kajian yang disampaikan juga disertai dengan dalil-dalil dari Al-Qur'an dan Hadis. Misalnya, Surah An-Nisa ayat 19 menyatakan,

"Hai orang-orang yang beriman, kamu tidak akan sampai (mencapai) kebajikan (yang sempurna) sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya."

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik terhadap istri-istrinya, dan aku adalah yang terbaik di antara kalian terhadap istri-istriku." (HR. Tirmidzi).

Dalam pandangan Islam, perlakuan suami terhadap istri bukanlah hal yang sepele.

Ketika suami memuliakan istri, hidupnya akan dihormati, tetapi ketika suami menghinakan atau mendzolimi istri, alam akan bergerak atas perintah Allah SWT untuk menghinakan suami tersebut.

Ini merupakan konsekuensi alamiah yang diatur oleh prinsip-prinsip Islam untuk menjaga harmoni dalam rumah tangga dan memuliakan peran masing-masing individu.

Kategori :