Menggali Jejak J-Pop Melalui 3 Generasi, Dari Mulai Era 60an Sampai Dekade 2020an

Selasa 23-04-2024,21:20 WIB
Reporter : D Fitriani
Editor : D Fitriani

BACA JUGA:Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah 2024, Panduan, Syarat dan Link Daftarnya Lengkap Disini

Di era ini terlahir para bintang besar seperti Momoe Yamaguchi, Kyu Sakamoto, Shizuka Kudo (Onyanko Club) dan Boygrup seperti Shounentai, Hikaru Genji dan SMAP.

2. Era Heisei (1989 - 2019) : Maraknya J-rock, Hip Hop dan Era keemasan Anisong

Generasi kedua J-Pop, yang berlangsung dari tahun 1989 hingga 2019, ditandai dengan dominasi musik rock Jepang atau J-Rock.

Band-band seperti X-Japan, B'z, dan L'Arc~en~Ciel menjadi ikon awal dari era ini, menciptakan lanskap musik rock khas Jepang.

Selain itu, era Heisei juga menyaksikan perkembangan tren musik baru, seperti hip-hop, R&B kontemporer, dan anisong (lagu pembuka dan penutup anime).

BACA JUGA:Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Tampilan Ombre Lips yang Memukau!

Tren ini membawa J-Pop ke tingkat popularitas baru, baik di dalam maupun luar negeri.

Namun sayangnya memasuki dekade 2010an, tren J-pop mulai menurun di kancah internasional, hanya tersisa para penggemar setianya, di sisi lain industri K-pop justru popularitasnya semakin melejit pesat.

3. Era Reiwa (Mei 2019 - Sekarang) : Kebangkitan J-POP oleh seniman muda Jepang Pesatnya Popularitas Musik Digital Native / Musik Doujin

Generasi terbaru J-Pop, yang dimulai pada tahun 2019, menandai kembalinya kejayaan bagi musik J-Pop.

Para seniman muda Jepang, seperti YOASOBI, Eve, dan Ado, membawa warna baru dalam industri musik Jepang dengan merilis karya-karya original mereka melalui platform digital.

BACA JUGA:Bisa Usung Sendiri, PDIP Tetap Komunikasi Dengan Parpol Lain, Pastikan Usung Calon Kepala Daerah Tanpa Mahar

Selain itu, di era Reiwa juga ditandai dengan pertumbuhan pesat musik digital native atau musik doujin, yang merupakan hasil karya para seniman indie Jepang.

Perubahan ini menandai adaptasi industri musik Jepang terhadap era digital yang semakin berkembang dan terbuka.

Dengan demikian, perjalanan J-pop melalui generasi Shouwa, Heisei, dan Reiwa, kita dapat melihat evolusi yang signifikan dalam musik J-Pop.

Kategori :