Bawaslu Tanggapi Statment Mendagri Soal ASN Berkampanye, ini Penjelasannya...

Bawaslu Tanggapi Statment Mendagri Soal ASN Berkampanye, ini Penjelasannya...

Bawaslu Tanggapi Statment Mendagri Soal ASN Berkampanye, Selama Pasif Dan Tidak Menggunakan Atribut Dinas Di Perbolehkan--Fajar

Bawaslu Tanggapi Statment Mendagri Soal ASN Berkampanye, ini Penjelasannya...

 

RADAR TASIK TV - Statment Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian yang menyatakan, bahwa ASN boleh kampanye asalkan pasif, menuai pro kontra, dikalangan masyarakat luas.

Menanggapi hal tersebut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tasikmalaya, memberikan pernyataan terkait netralitas ASN.

BACA JUGA:Ajarkan Santri Pahami Perbedaan Lewat Pagelaran Budaya

BACA JUGA:Biar Gak Nyesel Cewek Harus Tau Ini , Tips Agar Cepat Move On Dari Mantan!

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda mengatakan, ASN wajib netral serta dilarang berkampanye secara aktif.

Namun menurut Dodi, berkiatan dengan ucapan Mendagri tentang ASN boleh kampanye asalkan pasif, tidak ada yang salah, dirinya mengatakan, bahwa ASN mempunyai hak pilih, jadi selama dia hanya diam melihat orang lain berkampanye, serta tidak menggunakan atribut kedinasan, dan bertujuan untuk mengetahui program dan visi misi calon, diperbolehkan.

Namun Dodi juga menambahkan. Ketika ada salah satu ASN yang mulai berkampanye aktif, serta mulai ada unsur mengajak dan mengarahkan untuk memilih paslon tertentu, itu dilarang, dan akan mendapatkan sanksi apabila, kedapatan ada asn yang berprilaku demikian.

"ASN dalam berkampanye aktif sebetulnya tidak boleh, tapi kalau hadir duduk diam dilapangan mendengarkan orang lain berkampanye serta tidak menggunakan atribut kedinasan, saya kira tidak masalah, yang jadi masalah ketika mereka mulai berkampanye aktif, mulai ada unsur mengajak, serta megarahkan untuk menentukan pilihan dan mengerahkan kepada salah satu pasangan calon. kalau hanya pasif diam saya kira tidak masalah, karena ASN punya hak pilih, jadi dia harus tahu program serta visi misi setiap pasangan calon" Ujar Dodi.

Dodi juga menekan tentang pentingnya pengawasan, baik dari tingkat bawah hingga tingkat atas, guna menghindari potensi pelanggaran yang kerap kali mengganggu sportifitas, di setiap pelaksanaan pemilihan langsung.

BACA JUGA:Biar Gak Nyesel Cewek Harus Tau Ini , Tips Agar Cepat Move On Dari Mantan!

BACA JUGA:Inilah 8 Makanan yang Bisa Membantu Memaksimalkan Tinggi Badan

Simak Berita Selengkapnya dalam Video Berikut ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: