Masih Muda Tapi Sering Lupa? Ternyata Ini Beberapa Penyebab Anak Muda Jadi Mudah Pikun

Masih Muda Tapi Sering Lupa? Ternyata Ini Beberapa Penyebab Anak Muda Jadi Mudah Pikun

Masih Muda Tapi Sering Lupa? Ternyata Stres Salah Satu Penyebab Seseorang Menjadi Pelupa, Yuk Simak (Foto: Freepik)--

RADAR TASIK TV - Pelupa biasanya identik dengan orang yang lanjut usia karena proses penuaan, namun taukah kamu kalau lupa juga bisa terjadi pada usia muda dan sudah banyak orang yang masih muda tapi sudah pelupa.

Pelupa juga bisa merugikan untuk diri kita sendiri, seperti kurangnya pengetahuan tentang hal-hal penting, keamanan, kesehatan dan hubungan sosial serta kurangnya produktivitas dan efisiensi dalam menangani masalah.

BACA JUGA:Gak Ngapa-Ngapain Tapi Ngerasa Capek Banget? Bisa Jadi Tanda Kamu Depresi, Stop Overthinking!

BACA JUGA:Tanda-tanda Kamu Harus Resign Dari Kantor, Daripada Stres Mending Pilih Kerjaan Lain

Hal ini juga bisa mengganggu aktivitas sehari-sehari, membuat kamu tidak bisa melakukan semua hal dengam maksimal jika kamu megalami hal ini dan belum tau alasannya yuk simak alasan seseorang sering lupa berikut

1. Stres

Tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang bisa mempengaruhi bagian hippocampus di otak ketika seseorang sedang stres ataupun depresi. Sehingga seseorang menjadi kehilangan fokus serta sulit berkonsentrasi.

Pada akhirnya mampu mempengaruhi memori, daya ingat serta kemampuan otak dalam mencerna informasi baru. Stres juga menyebabkan mood berantakan karena pikiran yang berlebihan sehingga kita jadi sering lupa.

BACA JUGA:Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Ternyata Dapat Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Otak

2. Kurang tidur

Tidur merupakan waktu kita untuk mengistirahatkan sel-sel otak, maka jika kamu kurang tidur maka sel-sel otaknya jadi kurang istirahat juga. Sehingga menyebabkan konsentrasi dan daya ingat menurun.

3. Sibuk

Saking sibuknya sehingga mengakibatkan otak overload dengan banyak pikiran membuat kita sulit untuk berkonsnetrasi dan mengalami sering lupa.

4. Dehidrasi

Dehidrasi bisa menjadi penyebab seseorang menjadi pelupa karena otak memerlukan cairan yang cuku untuk membuat otak berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Mustahil Punya Tubuh Sehat Kalau Kurang Tidur, Ini Penjelasan dr. Zaidul Akbar Manfaat Bangun Tidur Lebih Awal

Ketika kita dehdrasi atau kurang minum maka konsentrasi dan daya ingat bisa terganggu dan akhirnya kita menjadi sering lupa dan sulit berkonsentrasi.

5. Pola makan yang buruk

Pola makan yang tidak teratur merupakan kebiasaan yang tidak sehat seperti makan-makanan tidak sehat, diet yang tidak seimbang, kekurangan nutrisi atau kekuarangan vitamin dan mineral yang bisa mempengaruhi fungsi otak yang menyebabkan seseorang memiliki masalah pada memori dan sering lupa. 

BACA JUGA:Ingat Diet Itu Bukan Gak Makan Tapi Mengatur Pola Makan, Ini 10 Tips Agar Diet Lebih Menyenangkan

6. Gangguan emosional

Gangguan emosional mempengaruhi kurangnya kinerja otak dan kognisi seperti depresi yang mengganggu konsentrasi karena biasanya orang depresi merasa kelelahan dan kehilangan minat bahkan sulit tidur. Hal ini menjadi penyebab seseorang sulit menangkap memori dan mengganggu fungsi otak.

7. Kurang suka dengan kerjaan yang dikerjakan

Seseorang yang kurang menyukai pekerjaannya akan merasa kurang termotivasi untuk fokus dan teliti. Apapun yang dikerjakannya akan terasa melelahkan sering malas berpikir dan mengingat secara detail dan hal ini menjadi penyebab seseorang sering lupa dengan informasi penting.

BACA JUGA:Bikin Semangat! Quotes Motivasi Ini Membuat Hidupmu Berubah, Mulai Hari Dengan Optimis

8. Kejenuhan

Jenuh bisa menyebabkan kinerja otak menjadi tidak maksimal, sehingga untuk kamu yang sering mengalami rasa jenuh perlu untuk meluangkan waktu disela-sela kesibukan untuk pergi healing. Kamu bisa pergi ketempat baru yang nyaman untuk kamu merelaksasikan otak kamu sekaligus menghilangkan rasa jenuh.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: