Cara Bikin e-toll di Alfamart, 5 Menit Beres!

Cara Bikin e-toll di Alfamart, 5 Menit Beres!

Sumber: pengampunanpajak.com--

Radar Tasik TV - E-toll merupakan sistem pembayaran tol secara elektronik yang dipakai untuk membayarkan tarif masuk saat memasuki kawasan jalan tol. Istilah "E-toll" mengacu dari "electronic toll" atau "electronic toll collection”.

Kartu E-toll ini adalah bentuk transaksi sistem pembayaran cashless atau non-tunai. Penggunaannya adalah dengan cara melakukan tapping di Gerbang Tol Otomatis (GTO). 

Cara kerja e-toll adalah dengan menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) atau sistem transponder yang dipasang pada kendaraan.

Ketika kendaraan melewati gerbang tol, perangkat RFID akan mendeteksi transponder di kendaraan, dan otomatis mengenali nomor kendaraan serta mengurangi saldo di akun elektronik kendaraan.

Penggunaan e-toll ini dilakukan secara serentak sejak tahun 2017. Hadirnya e-toll ini dapat mengurangi kemacetan di jalan tol sebab transaksi e-toll hanya memerlukan estimasi waktu sekitar 4 detik saja. 

BACA JUGA:Resep Combro Khas Sunda: Sederhana, Tapi Rasa Enak Luar Biasa!

Kelebihan Memakai e-toll:

1. Kemudahan dan Kecepatan

Pengguna tidak harus melakukan pembayaran tol secara fisik, sehingga mengurangi kemacetan dan waktu perjalanan. Memakai E-toll sangat praktis karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang cash, hal ini cocok bagi kamu kaum cashless.

2. Efisiensi Administrasi

Dengan menggunakan e-toll maka pengelolaan pembayaran tol menjadi lebih mudah sebab transaksi dilakukan secara elektronik, hal ini dapat mengurangi birokrasi dan biaya administrasi. 

3. Pengurangan Polusi dan Emisi

Menggunakan e-toll saat bertransaksi memasuki gerbang tol bisa mengurangi konsumsi bahan bakar pada kendaraan kamu sebab itu artinya kendaraanmu tidak perlu berhenti, sehingga dapat membantu mengurangi polusi udara dan emisi gas rumah kaca.

4. Keamanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: