Pahami ini! 5 Penyebab Darah Tinggi Naik

Pahami ini! 5 Penyebab Darah Tinggi Naik

Sumber: freepik.com--

Radar Tasik TV – Kasus darah tinggi atau hipertensi bisa terjadi pada berbagai usia, tetapi risiko ini umumnya terjadi pada orang yang lebih tua, terutama setelah usia 40 tahun. Namun, dengan gaya hidup modern yang kurang sehat, semakin banyak kasus darah tinggi naik yang terjadi pada usia yang lebih muda.

Penting bagi semua orang, baik muda maupun tua, untuk memahami pentingnya menjaga tekanan darah dalam batas normal dengan cara menghindari factor penyebab darah tinggi naik. Nah, dalam artikel ini, kami akan mengupas berbagai penyebab yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah. Yuk simak dibawah ini!

1. Faktor Genetik

Penyebab darah tinggi naik yang pertama yaitu bisa karena faktor genetic atau keturunan. Riwayat penyakit keluarga dapat berperan dalam risiko hipertensi. Jika ada anggota keluarga yang menderita hipertensi, Anda mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi. 

 

2. Gaya Hidup Tidak Sehat 

Gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan dengan tinggi garam, rendah serat, dan tinggi lemak, dapat menyebabkan tekanan darah naik. Selain itu, Kurangnya aktivitas fisik atau jarang berolahraga dapat menyebabkan kelemahan otot jantung dan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

3. Konsumsi Alkohol dan Rokok Secara Berlebih 

Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan darah tinggi naik. Begitupun dengan merokok, kandungan zat kimia yang ada pada tembakau dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan tekanan darah akan naik. Kondisi seperti ini bukan hanya dialami oleh perokok aktif, tetapi bisa juga dialami oleh perokok pasif.

4. Stres

Stes merupakan salah satu keadaan yang dapat memicu darah tinggi naik. Stres kronis memengaruhi tekanan darah dengan memicu respons hormonal. Respons ini nantinya dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan jantung berdetak lebih cepat dan pada akhirnya terjadi peningkatan tekanan darah.

 

5. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi tekanan darah dan berisiko terkena hipertensi. Ada beberapa factor lingkungan yang dapat memicu peningkatan tekanan darah, yaitu seperti polusi udara yang kurang baik, kebisingan di lingkungan perkotaan atau industri, serta lingkungan yang terbatas aktivitas fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: