Perang Melawan Dehidrasi: 6 Tips Ajaib Agar Tubuh Terhindar Dari Dehidrasi!

Perang Melawan Dehidrasi: 6 Tips Ajaib Agar Tubuh Terhindar Dari Dehidrasi!

Sumber: pexels.com/Ketut Subiyanto--

RADAR TASIK TV - Dehidrasi adalah sebuah kondisi ketika seseorang mengalami hilangnya cairan tubuh dengan jumlah banyak, dimana hal ini dapat menyebabkan permasalahan kesehatan yang tidak bisa dianggap main-main.

Dehidrasi merupakan permasalahan serius yang sering kali disepelekan oleh sebagian orang. Padahal dehidrasi merupakan kondisi yang dapat memicu dampak yang serius, seperti gagal ginjal, kejang-kejang, dan syok hipovolemik. 

Kebiasaan dalam tidak meminum air putih dengan cukup adalah penyebab utama mengapa seseorang dapat mengalami dehidrasi. Kita harus selalu waspada mengenai kondisi tersebut sebab jika dehdirasi sudah dalam tahap kronis, maka kita memerlukan penanganan kesehatan yang serius. 

BACA JUGA:Tips Ampuh Merangsang Bicara Anak, Orang Tua Wajib Tau!

Berikut adalah beberapa tips agar tidak dehidrasi:

1. Minum Air dengan Cukup

Pastikan kamu harus meminum cukup air sepanjang hari. Meskipun sebenarnya kebutuhan air setiap orang bisa berbeda-beda, namun mengkonsumsi air yang direkomendasikan adalah sekitar 8 gelas air per hari atau lebih, hal itu bisa tergantung pada faktor-faktor lainnya seperti umur, berat badan, kegiatan, dan kondisi kesehatan kamu.

2. Perhatikan Tanda-tanda dari Dehidrasi

Tips kedua agar tidak dehidrasi adalah kamu harus mencari tahu gejala-gejala dehidrasi yang mungkin terjadi. Biasanya gejala dari dehidrasi dapat ditandai dengan mulut kering, rasa haus yang berlebihan, urin yang berwarna lebin gelap dari biasanya, kelelahan yang berlebihan, merasa pusing, dan kulit kering. Jika kamu merasakan gejala-gejala tersebut, maka sebaiknya kamu harus segera minum lebih banyak air.

3. Hindari Jenis Minuman yang Dapat Menyebabkan Dehidrasi

Tips ketiga agar tidak dehidrasi adalah maka kamu harus menghindari minuman yang bersifat diuretik. Minuman yang bersifat diuretik dapat berupa seperti minuman berkafein atau alkohol, sebab hal tersebut dapat meningkatkan produksi urin dengan banyak dan menyebabkan cairan keluar dari tubuh dengan jumlah banyak.

4. Perhatikan Kegiatan Sehari-harimu

Tips keempat agar tidak dehidrasi adalah ketika kamu sedang melakukan kegiatan sehari-harimu, terutama jika kamu sedang berada di lingkungan dengan kondisi yang sangat panas atau kamu sedang berolahraga intens, maka kamu harus memastikan untuk minum banyak air yang bertujuan untuk menggantikan cairan yang hilang melalui keringat.

BACA JUGA:Yuk Simak! Inilah Faktor-faktor Penyebab Penyakit Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: