Catat Sebelum Pergi ke Luar Negeri. Ini Cara Aktifkan Data Roaming!

Catat Sebelum Pergi ke Luar Negeri. Ini Cara Aktifkan Data Roaming!

Sumber: capacitymedia--

RADAR TASIK TV - Data roaming merupakan kemampuan untuk menggunakan layanan Data seluler di jaringan operator seluler di luar wilayah geografis pelanggannya.

Data roaming memungkinkan pengguna ponsel untuk tetap terhubung dengan internet dan menggunakan layanan data saat mereka berada di luar jangkauan jaringan operator seluler asal, misal ketika berada di luar negeri.

Data roaming berlaku terutama saat pelanggan bepergian ke luar negeri atau wilayah yang tidak tercakup oleh jaringan operator seluler asal mereka.

Dalam konteks data roaming, "roaming" mengacu pada perangkat seluler yang berpindah dari jaringan satu operator seluler ke jaringan operator seluler lainnya saat berada di wilayah yang berbeda.

BACA JUGA:Tips Merawat Harley Davidson yang Perlu Kamu Tau

Pengguna yang mengaktifkan data roaming dapat menggunakan layanan seperti akses internet, pengiriman pesan teks, penggunaan aplikasi online, dan lainnya seperti biasanya, meskipun mereka berada di negara atau wilayah yang berbeda.

Namun, data roaming sering kali berhubungan dengan biaya tambahan yang dikenakan oleh operator seluler.

Karena penggunaan data roaming dapat menghasilkan biaya yang lebih tinggi daripada penggunaan data di wilayah asal, penting bagi pengguna untuk memahami kebijakan biaya dan tarif yang berlaku sebelum mengaktifkan data roaming atau saat bepergian ke luar negeri.

Beberapa pengguna juga memilih untuk mematikan data roaming dan menggunakan jaringan Wi-Fi yang tersedia untuk menghindari biaya tambahan.

BACA JUGA:Apakah Mata Minus Bisa Sembuh? Yuk Simak Penjelasannya

Penasaran bagaimana cara mengaktifkannya? Simak artikel berikut!

Cara Mengaktifkan Data Roaming di Android

1. Pertama-tama, kamu harus menyalakan ponselmu terlebih dahulu, lalu buka Menu Pengaturan pada ponsel Androidmu 

2. Setelah itu, kamu bisa memilih Pilih Menu Kartu SIM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: