Waspada Gangguan Kesehatan Penyebab Sering Mengorok

Waspada Gangguan Kesehatan Penyebab Sering Mengorok

Sumber : www.freepik.com--

RADAR TASIK TV - Ngorok atau mendengkur adalah kondisi ketika seseorang mengeluarkan suara saat sedang tertidur, hal ini bisa dialami setiap orang dan umumnya tidak perlu dikhawatirkan.

Ngorok saat tidur terjadi karena saluran pernapasan terhalang atau menyempit. Beberapa kondisi medis yang serius dapat menyebabkan penyempitan saluran pernapasan ini. Orang berusia 30 hingga 60 tahun lebih sering mengalami kondisi mengorok pria (44%) daripada wanita (28%).

Berikut beberapa penyebab tidur ngorok karena gangguan kesehatan:

BACA JUGA:Bau Sepatu Bikin Malu? Ini 5 Manfaat Kopi Sebagai Penghilang Bau Tidak Sedap

- Sinusitis

Gangguan kesehatan seperti sinusitis dapat menyebabkan ngorok saat tidur. Penyakit sinusitis merupakan penyakit peradangan yang terjadi pada hidung. Sinus dapat menyumbat pernapasan sehingga menyebabkan seseorang bernapas melalui mulut ketika tidur.

- Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang dapat menyebabkan pernapasan seseorang berhenti sementara selama beberapa kali saat sedang tertidur.

Jika tidak ditangani dengan benar, sleep apnea meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke karena perubahan ritme pernapasan, suara mendengkur yang begitu keras, dan pernapasan yang berhenti sesaat saat tidur.

- Obesitas

Jaringan berlemak dan kurangnya massa otot pun dapat menjadi penyebab ngorok saat tidur. Ini bisa menjadi akibat dari kelebihan berat badan atau obesitas.

Anda juga harus memperhatikan berat badan Anda saat ini karena tumpukan lemak di sekitar leher dapat menekan saluran udara tenggorokan ketika Anda tidur, menghalangi aliran udara.

BACA JUGA:Rahasia di Balik Berhasilnya Mendaki Gunung: Tips Naik Gunung yang Wajib Anda Ketahui!

Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang dengan berat badan berlebih atau obesitas memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendengkur saat tidur karena berat badan berlebihan mampu menekan area tenggorokan saat tidur, menyebabkan suara dengkuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: