Waspada Penuaan Dini! Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Waspada Penuaan Dini! Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sumber Foto: Screenshot--

RADAR TASIK TV - Penuaan dini dapat diidentifikasi melalui perubahan yang terjadi pada tubuh.

Menurut informasi dari WebMD, tanda-tanda penuaan dini meliputi bintik hitam, keriput, nyeri sendi, dan penurunan kemampuan fisik serta mental.

Penuaan adalah proses alami yang tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia, tetapi ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang bisa memperlambat atau mempercepat proses penuaan dini.

1. Terlalu Lama Terpapar Layar Elektronik

Menghabiskan waktu yang lama di depan layar elektronik, seperti televisi, laptop, komputer, dan ponsel, dapat mempercepat proses penuaan.

Studi yang dilakukan oleh American Heart Association menemukan bahwa terlalu banyak menonton televisi dapat mengurangi kemampuan kognitif dan berpikir seseorang.

Begitu pula dengan aktivitas scrolling di ponsel, karena paparan sinar biru dari layar elektronik dapat merusak sel-sel otak dan mata, seperti yang diungkapkan oleh studi Aging and Mechanism of Disease.

2. Pola Tidur Tidak Teratur

Pola tidur yang tidak teratur bisa mempercepat penurunan kognitif setara dengan penuaan 4-7 tahun, penelitian dari Clinical and Experimental Dermatology menemukan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penuaan kulit yang lebih cepat.

Idealnya, orang dewasa memerlukan 6-8 jam tidur setiap hari untuk menjaga kesehatan dan melambatkan tanda-tanda penuaan.

BACA JUGA:Makanan Kecil Sejuta Keuntungan, Simak Makanan Penambah Darah

3. Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

Orang yang sering duduk dalam jangka waktu yang lama cenderung mengalami penuaan dini lebih cepat.

Studi menunjukkan bahwa orang yang tetap aktif secara fisik secara biologis lebih muda dibandingkan dengan mereka yang kurang bergerak, meskipun usianya sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: