Rahasia Merawat Batik Tulis Agar Tetap Bercahaya

Rahasia Merawat Batik Tulis Agar Tetap Bercahaya

Sumber Foto: Screenshot--

RADAR TASIK TVBatik tulis memang mahal. Namun, bagaimana cara menjaga agar Batik tulis tidak rusak?

Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu cara menjaga batik tulis dengan benar. Jika baju atau kain batik tidak dirawat dengan benar, warnanya malah berubah dan bahan kainnya cepat rusak.

Ini sangat menyedihkan karena batik tulis yang mahal menjadi rusak karena salah perawatan.

Dengan perawatan yang tepat, pakaian atau kain batik akan tetap memiliki warna yang indah dan tidak mudah sobek.

 

Bagaimana cara terbaik untuk menjaga batik tulis yang baik?

 

1. Untuk mencuci batik yang sudah ada di pasaran, jangan menggunakan deterjen biasa; gunakan sabun            khusus. Menggunakan cairan dari buah lerak akan menjadi pilihan yang lebih baik. Sejak lama, lerak telah                      digunakan untuk mencuci batik dengan melarutkan bahan tersebut dalam air. Selain membersihkan, bau buah                lerak  melindungi kain dari jamur dan ngengat.

        Jika Anda tidak memiliki sabun atau lerak khusus, Anda dapat mencuci kain batik dengan sampo. Cukup                          campurkan  sampo dengan air sampai benar-benar larut dan encer.

        Jangan gosok atau dikucek kain batik terlalu keras; celup-celupkan saja. Bilas kemudian dengan air bersih.

2. Gunakan air suhu biasa. Apabila pakaian batik terasa kotor, Anda dapat merendamnya dengan air hangat                    sebentar untuk menghilangkan keringat. Setelah itu, bilas dengan air biasa.

3. Jangan dicuci dengan mesin cuci. Kucek kain dengan lembut, tidak terlalu keras. Mengucek terlalu keras akan            merusak permukaan kain dan motifnya, jadi ambil bagian yang kotor saja dan celup kain agar kotoran larut.

4. Jangan diperas, terutama jika menggunakan mesin pengering. Cukup gantung dan remas-remas dengan              lembut dari ujung ke ujung.

5. Jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung dapat membuat kain batik pudar          atau belang. Gantungkannya di tempat yang teduh tapi terkena angin dan biarkan sampai kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: