Bingung Merawat Rambut Ikal? Ini Dia Tips Perawatan yang Mudah Dilakukan Tanpa Keluar Rumah

Bingung Merawat Rambut Ikal? Ini Dia Tips Perawatan yang Mudah Dilakukan Tanpa Keluar Rumah

https://www.liputan6.com/- Tips Merawat Rambut Ikal--

RDAR TASIK TV - Merawat rambut ikal tidak selalu memerlukan langkah-langkah rumit yang memusingkan kepala. Perawatan yang diperlukan agak berbeda dengan rambut lurus dan memiliki kemiripan dengan rambut keriting.

Namun, jika kamu menguasai teknik yang tepat bagaimana merawatnya, kamu akan mendapatkan rambut yang tidak kalah menawan dibandingkan dengan rambut jenis lainnya. 

Perlu kamu perhatikan bahwa merawat rambut ikal adalah langkah penting untuk mempertahankan kesehatan dan kecantikan rambut. Rambut yang bergelombang atau ikal membutuhkan perhatian khusus karena kecenderungannya untuk menjadi kering, kusut, atau kehilangan definisi gelombang alaminya.

BACA JUGA:Jangan Sepelekan Rambut Rontok, Salah Perawatan Bisa Bikin Kepala Botak Loh...

Dibandingkan dengan jenis rambut lainnya, perawatan rambut ikal membutuhkan pendekatan yang berbeda untuk menjaga kelembapan, memelihara bentuk gelombang alami, serta mencegah rambut menjadi kusut atau rapuh.

Dengan melakukan perawatan rambut ikal yang tepat, rambut ikal kamu akan dapat terlihat cantik, sehat, dan mengembang secara alami. dan kamu akan selalu mendapatkan rasa percaya diri setiap saat. 

Tips Merawat Rambut Ikal

1. Atur Jadwal Keramas

Tidak ada aturan baku tentang seberapa sering Anda harus keramas, terutama untuk rambut ikal. Meski keramas setiap hari tidak akan menyebabkan masalah, Anda dapat menyesuaikan jadwal keramas berdasarkan kondisi rambut Anda.

Jika rambut cenderung cepat lepek, keramas setiap hari bisa menjadi pilihan. Namun, jika tidak, keramas setiap dua hari sekali bisa menjaga ujung rambut agar tidak cepat kering.

2. Pemilihan Shampoo yang Tepat

Pemilihan shampoo sangat penting dalam merawat rambut ikal. Pilihlah shampoo yang mengandung minyak atau protein karena dapat membantu melembapkan serta melemaskan rambut bergelombang yang rentan kusut.

3. Penggunaan Conditioner Setelah Keramas

Rambut ikal cenderung kering di ujungnya, oleh karena itu, penggunaan conditioner sangat dianjurkan setelah keramas. Hal ini membantu menutrisi ujung rambut dan menjaga kelembapan rambut agar tidak cepat kusut.

BACA JUGA:Ingin Mempunyai Rambut Badai Anti Lepek? Hindari Melakukan Hal Ini!

4. Keramas dengan Air Dingin

Meskipun Anda tidak dilarang menggunakan air hangat saat keramas, penggunaan air dingin lebih disarankan untuk menjaga kelembapan alami rambut Anda.

5. Pemilihan Sisir yang Tepat

Sisir bergigi jarang menjadi pilihan tepat saat menyisir rambut ikal untuk menghindari potensi rambut rontok akibat tersangkut. Selain itu, Anda bisa menyisir rambut sebelum keramas untuk mengurangi risiko rambut kusut.

6. Sisir Rambut dalam Keadaan Terbalik

Menyisir rambut dalam keadaan terbalik dapat memberikan volume dan mempertahankan tekstur ikal alami Anda Selain itu, penggunaan mousse atau vitamin rambut juga dapat membantu menjaga bentuk lekuk alami rambut ikal.

7. Keringkan Rambut dengan Diffuser

Penggunaan diffuser hairdryer dapat menjadi pilihan untuk mengeringkan rambut secara cepat tanpa membuatnya kering atau bercabang.

BACA JUGA:Penyebab Rambut Kusut yang Sering Terjadi, Apakah Anda Terkena Salah Satunya?

8. Lakukan Deep Conditioning

Melakukan deep conditioning seminggu sekali dapat membantu memaksimalkan kelembapan rambut. Jika Anda tidak memiliki produk khusus, Anda dapat mencampur conditioner dengan bahan alami seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

9. Rawat Akar dan Rambut Rapuh

Menjaga kelembapan dan kekuatan rambut ikal adalah kunci utama. Perawatan creambath atau hair spa minimal seminggu sekali dapat membantu mengatasi kerontokan rambut dan mencegahnya patah akibat kerapuhan.

10. Gunakan Clarifying Shampoo

Penggunaan clarifying shampoo seminggu sekali membantu membersihkan kulit kepala dari penumpukan produk dan kotoran yang bisa menyebabkan masalah rambut seperti ketombe atau rambut berminyak.

Dengan menerapkan langkah-langkah perawatan yang tepat, Anda bisa menjaga kesehatan dan keindahan rambut ikal Anda tanpa harus kesulitan atau merasa khawatir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: