Hadirkan Teknologi MLFF, Tahun Depan Masuk Tol Tanpa Harus Berhenti. Begini Cara Kerjanya...

Hadirkan Teknologi MLFF, Tahun Depan Masuk Tol Tanpa Harus Berhenti. Begini Cara Kerjanya...

--

Cara Penggunaan MLFF

Penggunaan sistem MLFF diklaim akan jauh lebih efisien dibangikan dengan penggunaan E-Toll yang hingga kini masih digunakan diseluruh gerbang tol di Indonesia.

Nantinya MLFF akan menggunakan teknologi Global navigation Satellite System (GNSS). 

Teknologi ini memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit. 

Untuk dapat menggunakan sitem ini, nantinya para pengendara harus melakukan top up saldo terlebih dahulu, itu bisa dilakukan lewat internet Banking maupun minimarket atau gerai khusus di rest area.

Emi Iskandar,Project manager PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) menyampaikan, setiap pengguna yang masuk tol harus terlebih daulu mengaktifkan  E-OBU, atau perangkat yang akan digunakan pada transaksi nirsentuh. 

Jika E-OBU sudah aktif, GPS akan menentukan posisi pengguna berdasarkan satelit. Kemudian  proses pencocokan peta akan terjadi di pusat sistem.

“Saat keluar rumah, pengguna jalan tol sudah bisa langsung mengaktifkan aplikasi CANTAS, tidak perlu lagi di depan gerbang tol,” tuturnya.

Aplikasi yang akan digunakan dalam mendukung kinerja MLFF yakni bernama Cantas. Apliaski ini nantinya wajib di unduh di HP para pengguna kendaraan agar dapat menikmati layanan MLFF. 

Selain harus mengundur aplikasi Cantas, para pengendara juga dapat menggunakan perangkat Electronic Route Ticket, dimana pengguna dapat memilih titik masuk dan keluar sesuai rute perjalanan sekali pakai.

BACA JUGA:Catat, Tips Simpel Ini Ternyata Bisa Membuat Baterai HP Kamu Tetap Awet dan Nggak Cepat Ngedrop

Negara-Negara yang telah Menerapkan MLFF

Teknologi MLFF yakni masuk Tol tanpa harus berhenti telah banyak digunakan oleh Negara-Negara maju, Khusunya di Negara Eropa.

Mereka yang telah menggunakan Teknologi canggih tersebut yakni negara Rusia, Hongaria, Cheko dan Belgia.*** 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: