Mau Kerja Di Pertambangan? Ini Dia Jurusan Yang Paling Dibutuhkan Di Industri Tambang

Mau Kerja Di Pertambangan? Ini Dia Jurusan Yang Paling Dibutuhkan Di Industri Tambang

sumber : Bukit Asam--

RADAR TASIK TV – Sektor Pertambangan adalah salah satu sektor penting yang berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. 

Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada tahun 2020, sektor pertambangan menyumbang 7,19 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Selain itu, sektor ini juga menyerap banyak tenaga kerja, baik langsung maupun tidak langsung.

Namun, bekerja di dunia pertambangan tidaklah mudah. Dibutuhkan keahlian dan pengetahuan khusus yang sesuai dengan bidangnya. Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk berkarir di sektor ini, Anda perlu memilih jurusan kuliah yang tepat dan relevan.

Berikut Jurusan Yang Paling Dibutuhkan Di Industri Tambang 

BACA JUGA:Jangan Mudah Menyerah, Inilah 4 Tips betah kuliah di luar negeri!

1.Teknik Pertambangan

Jurusan ini adalah jurusan yang paling cocok untuk Anda yang ingin bekerja di industri pertambangan. Di jurusan ini, Anda akan mempelajari proses penambangan, mineral, dan batuan berharga. Anda juga akan belajar tentang teknik eksplorasi, eksploitasi, pengolahan, pengangkutan, hingga pemasaran bahan tambang. Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai insinyur pertambangan, geoteknik, perencanaan tambang, pengawas tambang, konsultan tambang, dan lain-lain.

2. Teknik Geofisika

Jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari tentang fenomena fisik yang terjadi di Bumi dan lapisan-lapisannya. 

Jurusan ini juga berkaitan dengan eksplorasi dan evaluasi sumber daya alam seperti minyak bumi, gas alam, air tanah, panas bumi, dan mineral. Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai geofisikis eksplorasi, geofisikis produksi, geofisikis lingkungan, geofisikis gempa bumi, dan lain-lain.

3. Manajemen Bisnis

Jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari tentang pengelolaan bisnis dan organisasi. 

BACA JUGA:Ini Dia Tips Kuliah Sambil Berbisnis yang Gak Bikin Kamu Takut untuk Memulai!

Jurusan ini juga berkaitan dengan aspek-aspek bisnis yang terkait dengan dunia pertambangan seperti manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasional, manajemen pemasaran, manajemen strategi, dan lain-lain. Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai manajer, analis bisnis, konsultan bisnis, auditor, akuntan, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: