Ciri-ciri Mata Minus, Kenali Gejala Hingga Cara Mengatasinya

Ciri-ciri Mata Minus, Kenali Gejala Hingga Cara Mengatasinya

Foto: Merdeka.com- mengenal gejala mata minus dan cara mengatasinya--

RADAR TASIK TV. Hallo Sobat Radar! Kenali lebih jauh tentang mata minus yuk! Mata minus merupakan sebuah istilah yang populer untuk kondisi media yang disebut dengan miopia

Miopia sendiri, merupakan sebuah bentuk hambatan refreaktif mata yang dapat menyebabkan sulitnya melihat objek dengan jarak jauh.

Kondisi ini bisa terjadi ketika fokusnya terlalu kuat atau panjang mata dari depan ke belakang terlalu panjang, yang mengakibatkan gambar fokus di depan retina, bukan di atasnya.

Terdapat beberap faktor yang menyebabkan mata minus atau miopia ini. Diantaranya yaitu faktor genetik dan aktivitas yang menggunakan mata secara dekat yang berlebihan. 

BACA JUGA:Tips Menghilangkan Kantung Mata, Pakai Bahan-bahan Yang Ada Di Rumah Aja

Faktor genetik mempunya peran yang sangat penting dalam terjadinya miopia atau mata minus. Jika salah satu orang tuanya memiliki miopia, maka risiko anaknya untuk mengalami mata minus ini lebih tinggi.

Sedangkan, aktivitas yang menggunakan mata dengan jarak dekat yang berlebihan juga sangat berpengaruh terhadap terjadinya miopia. Diantaranya seperti menggunakan gadget dengan waktu yang lama, membaca buku sembari tiduran dan yang lainnya.

Mata minus atau miopia ini, berkembang selama masa perkembangan dan pertumbuhan, khususnya pada masa remaja. Kondisi ini juga dapat berkembang jika tidak diatasi karena menyebabkan terjadinya risiko komplikasi mata.

Gejala Mata Minus dan Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah beberapa gejala mata minus yang harus kamu tahu, agar kamu tidak salah mendiagnosa dan menggunakan cara yang tepat untuk mengobatinya.

1. Kesulitan Meilihat Objek Jauh

Bagi seseorang yang mengalami mata minus, ia akan kesulitan untuk melihat objek dengan  jarak yang lebih jauh dari pandangan.

BACA JUGA:Faktor Genetika Ternyata Bisa Menjadi Penyebab Mata Minus, Begini Cara Mencegahnya

Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan lensa kontak atau kacamata minus yang sesuai dengan kondisi mata minus yang kamu alami. kacamata atau lensa kontak yang tepat akan membantu kamu memperbaiki fokus gamar di retina, sehingga memungkinkan kamu dapat melihat objek jauh dengan baik dan jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: