Deretan Masalah Yang Sering Terjadi Pada Mobil Listrik, Begini Cara Mengatasinya

Deretan Masalah Yang Sering Terjadi Pada Mobil Listrik, Begini Cara Mengatasinya

Sumber : Ernest/Unsplash --

RADAR TASIK TV – Tahun 2023 menjadi tahun masuknya berbagai kendaraan elektrifikasi di industri otomotif tanah air, baik yang masih berlabel hybrid maupun elektrik penuh.

Kendaraan yang memiliki 0 emisi ini, kehadirannya cukup masif pada tahun 2023. Tidak hanya itu, sambutan masyarakat juga sungguh positif dengan hadirnya kendaraan elektrik ini.

Mobil listrik semakin populer di era modern ini karena dianggap sebagai solusi ramah lingkungan dan efisien energi. Meskipun demikian, seperti halnya kendaraan konvensional, mobil listrik juga tidak luput dari beberapa masalah teknis. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa masalah umum yang sering muncul pada mobil listrik beserta cara mengatasinya.

BACA JUGA:Daftar 5 Merek Mobil Listrik Terepic, Paling Murah Nissan Kicks E-Power Dibanderol Rp 400 Jutaan

1. Penurunan Kapasitas Baterai

Salah satu masalah umum pada mobil listrik adalah penurunan kapasitas baterai seiring berjalannya waktu. Hal ini dapat mengurangi jarak tempuh mobil dan kinerja baterai secara keseluruhan. Cara mengatasinya adalah dengan menjaga suhu baterai tetap optimal, menghindari pengisian daya secara berlebihan, dan melakukan pemeliharaan rutin pada sistem baterai.

2. Permasalahan Pengisian Daya

Masalah yang sering terjadi pada mobil listrik adalah kesulitan atau lambatnya proses pengisian daya. Ini bisa disebabkan oleh stasiun pengisian daya yang tidak berfungsi dengan baik atau adanya masalah pada kabel pengisian. Solusinya adalah memastikan menggunakan stasiun pengisian daya yang terpercaya dan melakukan pemeriksaan rutin terhadap kabel pengisian.

3. Kerusakan pada Sistem Rem Regeneratif

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Mobil Listrik, Sangat Ramah untuk Lingkungan

Mobil listrik sering kali dilengkapi dengan sistem rem regeneratif yang membantu mengubah energi kinetik menjadi energi listrik untuk mengisi baterai. Jika sistem ini mengalami kerusakan, dapat mengakibatkan penurunan efisiensi pengereman. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan perawatan rutin dan pemeriksaan terhadap komponen-komponen sistem rem.

4. Masalah pada Motor Listrik

Meskipun motor listrik umumnya lebih tahan lama dibandingkan mesin konvensional, tetapi tetap dapat mengalami kerusakan. Pemeliharaan rutin dan pemeriksaan berkala pada motor listrik dapat membantu mencegah dan mengidentifikasi masalah sejak dini.

5. Sistem Pengendalian Termal yang Tidak Efisien

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: