Bolehkah Anak Usia 5 tahun main HP? Ini penjelasan para Ahli

Bolehkah Anak Usia 5 tahun main HP? Ini penjelasan para Ahli

Bolehkah Anak Usia 5 Tahun bermain HP? Ini Penjelasan dari para Ahli, Foto theAsianparent--

Bolehkah Anak Usia 5 tahun main HP? Ini penjelasan para Ahli

Radar Tasik TV - Dalam era teknologi informasi yang pesat ini , banyak anak usia 5 tahun yang memiliki akses ke perangkat seluler, seperti smartphone atau tablet. Dan kebiasaan ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Maka munculah pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh para orang tua yaitu, apakah boleh anak usia 5 tahun bermain dengan perangkat ini, dan bagaimana pandangan para ahli tentang hal ini.

BACA JUGA:Mendekatkan Diri kepada Allah,10 Amalan Sunah Di Hari Jumat Ala Rasulullah

BACA JUGA:Larangan Selama Pelaksanaan Tes CPNS Terbaru 2024, Yang Mau Daftar Wajib Baca

Berikut ada beberapa Penjelasan dari para Ahli tentang Penggunaan HP pada anak usia 5 Tahun : 

1. Ketergantungan dan Kesehatan Mental

Menurut Dr. Jenny Radesky, seorang ahli perkembangan anak di University of Michigan, terlalu banyak waktu di depan layar dapat berdampak pada kesehatan mental anak. Terlalu sering menggunakan handphone bisa menyebabkan ketergantungan, yang mungkin mengganggu perkembangan sosial dan emosional anak.

2. Pengembangan Keterampilan Motorik

Dr. Dimitri Christakis, seorang profesor pediatri di University of Washington, menekankan bahwa anak-anak membutuhkan waktu untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus. Terlalu banyak waktu di depan layar dapat menghambat pengembangan keterampilan ini, yang seharusnya dipelajari melalui bermain di luar dan bermain langsung dengan mainan fisik.

3. Konten yang Sesuai dan Pendidikan

Ahli psikologi anak, Dr. Gwenn O'Keeffe, menyarankan bahwa jika handphone digunakan dengan bijak dan konten yang sesuai, dapat memberikan pengalaman pendidikan yang bermanfaat. Aplikasi edukatif yang didesain khusus untuk anak-anak dapat membantu dalam pengembangan kognitif dan bahasa.

BACA JUGA:10 Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil Muda, Lengkap Dengan Cara Bikinnya

4. Kontrol Orang Tua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: