Beras Organik Petani Tasik Tembus Pasar Internasional, Selain Enak dan Pulen Juga Menyehatkan

Senin 08-07-2024,21:09 WIB
Reporter : Hasbi
Editor : Nurohman

Beras Organik Petani Tasik Tembus Pasar Internasional, Selain Enak Dan Pulen, Beras Organik Menyehatkan

 

RADAR TASIK TV - Dua produk beras organik dari wilayah Tasikmalaya Utara mendapat perhatian pasar Internasional. Beras organik “Jaya Hurip” dan “Sukapura” kini telah menembus pasar luar negeri.

Selain dikenal enak dan pulen, beras organik juga memiliki manfaat kesehatan yang tinggi.

BACA JUGA:Tidak Hanya Pawai Obor, Warga Riung Asih Sambut Tahun Baru Islam 1446 H Dengan Santunan dan Makanan Gratis

BACA JUGA:Asah Talenta Pebasket Muda Lewat Kompetisi Taruna Bakti Cup

Kelompok Tani Mekar Jaya Hurip di Desa Sukasetia, Kecamatan Cisayong, mengelola beras organik jaya hurip sejak tahun 2019. Produk ini mencakup berbagai jenis beras, mulai dari putih, merah, hingga hitam.

Adapun harga beras putih dijual 20.000 ribu rupiah per kilogram, beras merah 25.000 ribu rupiah per kilogram, dan  beras hitam 28.000 ribu rupiah per kilogram.

Permintaan untuk ketiga jenis beras ini cukup tinggi dan bahkan pernah dipamerkan di eropa. para petani di mekar jaya hurip menggunakan pemupukan organik, menjaga kualitas dan keberlanjutan produksi.

Tata Hendrayana, bendahara kelompok tani mekar jaya hurip, mengungkapkan, dari sekian produksi, permintaan baik dari lokal maupun luar negeri sangat tinggi.

BACA JUGA:Hasil Survei Unggul, Nana Suryana Minta Kader Tetap Fokus Tidak Terlena Hasil Survei

BACA JUGA:Tasik Thrift Day Kembali Hadir Di Tasikmalaya, Dongkrak Ekonomi Lokal

Rasa pulen dan kadar gula rendah menjadikan beras organik ini aman untuk kesehatan karena tidak menggunakan bahan kimia.

Selain beras dari petani mekar jaya hurip, ada juga beras organik Sukapura yang telah dipasarkan secara luas sejak 2006.

Perjalanan panjang mengedukasi petani di wilayah Mekarwangi untuk beralih dari pertanian konvensional ke organik telah membuahkan hasil.

Kategori :