Ponpes Hidayatul Mustafid Sukses Kelola Lahan Pertanian, Wujudkan Ketahanan Pangan Di Lingkungan Ponpes

Rabu 10-07-2024,20:53 WIB
Reporter : Hasbi
Editor : Nurohman

Ponpes Hidayatul Mustafid Sukses Kelola Lahan Pertanian, Wujudkan Ketahanan Pangan Di Lingkungan Pondok Pesantren

 

RADAR TASIK TV - Kota Tasikmalaya dikenal juga sebagai kota santri, karena banyaknya pondok pesantren. Seperti di Kelurahan Awipari Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, di satu kelurahan ini saja terdapat sedikitnya delapan pondok pesantren.

Salah satunya Pondok Pesantren Hidayatul Mustafid. Pesantren tentunya memiliki peran untuk mewujudkan ketahanan pangan, terlebih potensi pertanian di wilayah ini masih cukup tinggi.

BACA JUGA:Meriah, Warga Sambut Tahun Baru Islam Dengan Pawai Obor, Pererat Silaturahmi Bangun Solidaritas Sosial

BACA JUGA:Asah Talenta Pebasket Muda Lewat Kompetisi Taruna Bakti Cup

Pondok Pesantren Hidayatul Mustafid, memiliki sawah, kebun, hingga kolam ikan dengan luas lahan garapan mencapai lebih kurang tiga hektare. Seluruhnya dikelola oleh santri di pondok pesantren tersebut.

Mulai dari menggarap padi di sawah, jagung, singkong, sayuran, hingga kebun naga. Bahkan ponpes ini juga memiliki kandang domba sendiri dan kolam ikan.

Dewan Kyai Pondok Pesantren Hidayatul Mustafid, yang juga mengelola lahan pertanian ini, Dede Moh Sahid, menuturkan, pihaknya sengaja mengajak para santri untuk ikut turun menjadi petani, sebagai bekal mereka usai pulang dari pondok.

“Hasilnya biasa untuk santri dan keluarga. Jadi memang kan rata-rata orang mondok belajar agama saja, kami disini sengaja arahkan bertani untuk melatih kemandirian mereka ketika nanti pulang”Ujar Dede.

“Semoga kedepannya sawah kita bisa lebih luas untuk konsumsi makan santri. Kita titik beratkan makan santri dari sini. Perkebunuan untuk mensuplai lauk pauknya.”Ujarnya.Ahmad.

Hasil pertanian, dan perikanan di pondok ini seluruhnya untuk memenuhi kebutuhan para santri, seperti beras untuk makanan pokok, dan kebuh sayur dan ikan untuk lauk pauknya.

BACA JUGA:Tidak Hanya Pawai Obor, Warga Riung Asih Sambut Tahun Baru Islam 1446 H Dengan Santunan dan Makanan Gratis

BACA JUGA:Wajib Paham! Ternyata 5 Jenis Emosi Ini Mampu Menyakiti Tubuh Kamu

Hal ini turut dipresiasi Pemerintah Kota Tasikmalaya, melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya.

Kategori :