Tahukah Kamu, Mengapa Sebagian Penjual Makanan Dari India Menyajikan Makanan Dengan Menggunakan Tangan Kosong?

Minggu 21-07-2024,08:18 WIB
Reporter : Reza Nugraha
Editor : Reza Nugraha

RADAR TASIK TV - Sering kita lihat khusunya di media sosial, banyak sekali konten-konten unggahan vidio, hampir semua bentuk jenis makanan di india yang mengolah dan menyajikan makanan dengan menggunakan tangan telanjang begitu saja, kemungkinan kalian semua penasaran dan bertnya-tanya apa tangannya higenis?, dan apa gak sakit perut? tenang-tenang, begitu beragam sekali keunikan menarik yang ada di india untuk kita telisuri lebih lanjut!

Begitu hal nya dengan sebagian makanan street food jajanan kaki lima yang kerap dianggap jorok oleh orang asing, tetapi hal tersebut dianggap sangat wajar dan biasa malahan sebagian mereka langsung menyantapnya dengan sangat santai, wah wah wah unik banget ya di india ini.

BACA JUGA:Kuliner India Terdekat di Bandung, Berikut Penjelasannya!

BACA JUGA:Ini Dia, Restoran Khusus Kuliner India di Indonesia!

Setiap makanan india yang lewat di layar beranda ponsel, memiliki cita rasa yang khas serta campuran rempah yang melimpah dari setiap menu hidangan tersebut, selain itu makanan yang di sajikan selalu khas berwarna kuning dan disajikan dengan tangan tanpa alas seperti sarung tangan atau alat untuk alas makanan seperti halnya di negara lainnya yang mengguanakan alat untuk mengalas makanan agar terjaga kebersihannya.

Meskipun di indonesia sendiri orang-orang menggunakan tangan secara langsung untuk makan, tetapi di india sendiri memiliki keunikan yang berbeda, perbedaannya masyarakat india lebih exreame.

Usut punya usut, ternyata alasan masyarakat india sering mengolah dan menyajikan makanan dengan tangan kosong, hal itu merupakan sudah menjadi kebiasaan masyarakat, serta bukan karena tanpa ada alasan.

india dari zaman dulu dan itu merupakan sebuah bagian praktik dengan prinsip-prinsip ajaran Ayurveda kuno, mengutip dari veerji, bahwa ajaran ini mengajarkan makanan harus disiapkan secara sistematis.

BACA JUGA:Alasan Orang India Suka Makan Bawang, Ternyata Makan Bawang Merah Mentah Punya Segudang Manfaat Bagi Tubuh

BACA JUGA:Sering Disebut jorok, Kuliner jalanan India Ini Laris Manis Terus. No 5 Bikin Istighfar!

Hal tersebut menggambarkan bahwa pentingnya setiap jenis hidangan makanan harus di sajikan dengan adanya aturan dan prinsip yang terstuktur dalam filosofi ajaran ayurveda, selain itu, ajaran ini juga memiliki makna lain yang sangat bermakna, yaitu bahwa menyajikan olahan makanan dengan tangan kosong, ternyata setiap jari yang menyentuh makanan, melambangkan salah satu dari elemen lima jari tersebut, yakni:

ibu jari melambangkan ruang, telunjuk melambangkan udara, jari tengah melambangkan api, jari manis melambangkan air, jari kelingking melambangkan bumi.

Meskipun kerap banyak dipandang oleh masyarakat luar terkesan jorok serta tidak mematuhi standar keamanan pangan, tetapi itu sudah menjadi bagian dari budaya dan kebiasaan yang sudah dilakukan dari zaman dulu oleh masyarakat india disana. dan kita sebagai orang luar, tetap harus menghargai dari setiap keberagaman dan nilai-nilai yang ada.

Apakah kalian merasa tertarik untuk menjelajahi lebih dalam tentang keindahan ragam budaya yang ada di india?

BACA JUGA:Kenapa Wajib Coba Kuliner India? Ini Dia Keunikannya, Yuk Simak!

Kategori :