Sering Main HP Saat BAB? Hentikan Sekarang Juga Karena Punya 6 Resiko Penyakit Serius

Kamis 29-08-2024,21:00 WIB
Reporter : Zahra Dickhen Purnama
Editor : Hilmi Pramudya

BACA JUGA:Bisakah Berpuasa dari Media Sosial? Kenali Istilah Detoksifikasi Digital Yang Dapat Mengubah Pikiran Anda

4. Masalah Postur dan Nyeri Tubuh

Menggunakan ponsel sambil duduk di toilet sering kali mengakibatkan postur tubuh yang buruk. Postur yang tidak ergonomis ini dapat menyebabkan nyeri punggung, leher, dan bahu.

Seringnya penggunaan ponsel dalam posisi duduk yang tidak nyaman dapat memperburuk kondisi ini dan berpotensi menyebabkan gangguan muskuloskeletal yang serius.

5. Kebiasaan Kurang Higienis

Terakhir, membawa ponsel ke toilet sering kali mengakibatkan kebiasaan kurang higienis. Setelah menggunakan toilet, sering kali tangan tidak dicuci dengan benar sebelum menyentuh ponsel, meningkatkan risiko penyebaran kuman dan bakteri.

Ini tidak hanya berdampak pada kesehatan pribadi tetapi juga pada kebersihan lingkungan di sekitar kamu.

6. Resiko Wasir (Ambeien)

Kebiasaan duduk terlalu lama saat BAB, sering kali disertai dengan penggunaan ponsel, dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di area rektum.

Tekanan yang berlebihan ini dapat menyebabkan atau memperburuk kondisi wasir (ambeien), di mana pembuluh darah di rektum membengkak dan menonjol.

Wasir dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri, serta pendarahan saat beraktivitas, dan jika tidak ditangani dengan baik, bisa menimbulkan komplikasi serius.

BACA JUGA:Ketergantungan Pada Obat Pereda Nyeri? Simak Cara Mengtasinya Berikut ini

BACA JUGA:Sering Kelelahan Tanpa Sebab? Waspada Gejala Anemia, Berikut Ciri-Ciri Lengkapnya

Walaupun bermain ponsel saat BAB tampaknya sebagai kebiasaan yang tidak berbahaya, resiko-resiko kesehatan yang terkait sebaiknya tidak diabaikan.

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, sebaiknya tinggalkan ponsel di luar toilet dan fokus pada proses buang air besar dengan cara yang lebih sehat dan bersih.

Prioritaskan kesehatan tubuh dan hindari kebiasaan yang dapat menimbulkan resiko serius di masa depan.

Kategori :