Pecinta Pedas Wajib Tau, ini 10 Bahaya Makan Makanan Pedas Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu 31-08-2024,09:29 WIB
Reporter : Rifqi Fathurrohman
Editor : Hilmi Pramudya

Jika kamu mempunyai asam lambung, beberapa gejala akibat makan makanan pedas yang mungkin bisa dirasakan adalah rasa sakit dan bengkak pada tenggorokan.

Parahnya lagi, kamu bisa mengalami gangguan suara karena serak.

3.  Diare

Setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Ada yang suka makan pedas tidak terkena diare, ada juga yang suka makan pedas dan dengan mudaj terkena diare.

Kandungan capcaisin pada cabai dapat menimbulkan rasa terbakar. Hal ini lah jika tangan kita terkena cabai makaa akan merasakan sensasi panas.

Panas pada cabai dapat memicu serabut saraf dan memicu sensasi lainnya, termasuk pergerakan usus yang menyebabkan cepatnya terkena diare.

4.  Telinga Berdengung

Jika makan pedas secara berlebihan, maka akan memberikan efek tuli sementara, telinga akan tiba-tiba berdengung dan kehilangan fingsi normalnya.

Rasa pedas akan memberikan stimulus berlebih pada saraf trigeminal yang menyebabkan terganggunya saraf koklea sehingga mempengaruhi pendengaran. Efek ini akan hilang jika rasa pedas di mulut sudah menghilang.

BACA JUGA:Khasiat Wedang Jahe Minuman Tradisional Dengan Segudang Manfaat Baik Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Sering Bergelut Dengan Rambut Rontok? Kenali 6 Masalah Yang Sebabkan Rambut Rontok Hingga Menipis

5.  Mulas

Setelah makan pedas pasti akan merasakan mulas. Hal tersebut terjadi karena makanan pedas dapat mempercepat gerakan usus dan mempermudah terjadinya diare.

Efek iritasi akan terasa jika makanan pedas sampai di usus besar. Kemudian tubuh akan mengirimkan banyak air ke usus, sehingga memudahkan feses untuk keluar.

6.  Sensitivitas Lidah Menurun

Ketika makan pedas pada tingkat kepedasan tertentu, lidah akan menginginkan tingkat kepedasan yang lebih dari sebelumnya. Jika hal tersebut dilakukan maka akan menyebabkan lidah terluka.

Kategori :