8 Cara Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata Hitam, Cukup Gunakan Bahan-Bahan yang Ada di Dapur

Kamis 19-09-2024,20:00 WIB
Reporter : Muhammad Ikhsan
Editor : Hilmi Pramudya

RADARTASIKTV.ID - Lingkaran hitam di bawah mata, juga dikenal sebagai "kantung mata hitam", dapat disebabkan oleh kurang tidur, alergi, genetika, atau bahkan kekurangan air.

Tidak mengherankan bahwa orang yang memiliki lingkaran hitam mencoba menutupinya dengan riasan wajah, dan beberapa orang juga mencoba menghilangkannya dengan menggunakan produk kecantikan tertentu.

Timbulnya kantung mata tentu saja sangat mengganggu penampilan, terutama bagi wanita. Kantung mata juga dapat memberi kesan bahwa seseorang lelah dan sakit.

Akan tetapi, dengan perawatan sederhana di rumah, kita dapat mengatasi hal tersebut dengan mudah.

BACA JUGA:Mengungkap Cara Bahagia yang Efektif Menurut Buku The Subtle Art Of Not Giving a F*ck Karya Mark Manson

BACA JUGA:Kawanan Begal Motor Bersenjata Tajam Diringkus Polisi, Motor Hasil Rampasan Dikembalikan ke Pemilik

1. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E yang sangat baik untuk mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Ini juga dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan keriput di wajah.

Menerapkan gel lidah buaya di area di bawah mata dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membersihkan cairan di sekitar mata, sehingga mengurangi risiko pembengkakan.

Jika gel lidah buaya tidak tersedia secara alami, gunakan dengan hati-hati agar tidak terkena mata. Jika demikian, kita juga dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung gel atau ekstrak lidah buaya.

2. Kentang

Kentang dapat membantu mengurangi lingkaran hitam, kata ahli. Kentang dikenal memiliki banyak antioksidan, vitamin, dan mineral, yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi kulit.

Kentang dapat membantu mengurangi peradangan di sekitar mata jika Anda memarut kentang lalu menyaring sarinya.

Cara lain adalah mengupas kulit kentang, memarutnya, dan masukkannya ke dalam sehelai handuk,tempatkan kentang di bawah mata dengan handuk dan biarkan selama sepuluh hingga lima belas menit.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Parfum Alfamart yang Wanginya Unik dan Tahan Lama, Segini Kisaran Harganya

BACA JUGA:Jangan Sembarangan Jajan, Ini 5 Tips Membeli Streetfood Saat Liburan Agar Tidak Menyesal

3. Air dingin atau batu es

Melewati malam dengan begadang atau tidak tidur cukup dapat menyebabkan pembengkakan di bawah mata, yang juga dikenal sebagai kantung mata.

Air dingin atau air es dapat membantu mengatasi masalah ini dengan menyempitkan pembuluh darah sehingga mengurangi pembengkakan. Ada beberapa tindakan yang dapat diambil.

Bilas atau cuci wajah dengan air es dingin. Lakukan ini beberapa kali setiap hari. Selanjutnya, gunakan es yang dibungkus dengan kain atau handuk untuk mengompres area mata yang membengkak atau kantong. Sampai kantung mata hilang, ulangi pengobatan ini.

4. Mentimun

Selain itu, timun yang kaya vitamin dan antioksidan ini dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam bawah mata.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menempelkan irisan mentimun segar di bawah mata atau membuat masker darinya,ini akan menghilangkan area hitam di bawah mata dan juga membantu mengurangi bengkak mata dan mencegah kerutan di sekitar mata.

5. Putih telur

Kandungan putih telur dapat membantu mengurangi kantung mata dan mencegah keriput. Ini adalah caranya:

Siapkan dua telur, lalu pisahkan bagian putihnya saja. Kemudian, kocok putih telur hingga bertekstur kaku.

Kemudian, tambahkan beberapa tetes witch hazel, yang membantu kulit menjadi lebih halus secara alami,oleskan adonan di daerah bawah mata dengan sikat atau kain yang lembut.

Biarkan selama +/- 15 menit,ulangi prosedur ini beberapa kali sehari.

BACA JUGA:Balon Wagub Jabar Erwan Blusukan Ke Tasikmalaya, Berencana Bangun SDM Hingga Perbaiki Infrastruktur

BACA JUGA:Sering Nonton Konten Mukbang? Ini 6 Raja dan Ratu Mukbang Terkenal Di Indonesia

6. Kantong teh hijau

Jika Anda memiliki bekas kantong teh hijau di rumah, jangan dibuang! Ini bisa membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah kantong mata.

Para ahli menyatakan bahwa teh hijau mengandung banyak senyawa fenolik. Untuk mengurangi lingkaran hitam, dinginkan dan tempelkan kantong teh semalaman.

7. Minyak almond

Anda juga dapat menggunakan minyak almond untuk mengurangi kantong hitam di bawah mata.

Minyak almond, yang kaya akan vitamin E, magnesium, fosfor, dan antioksidan, dianggap oleh ahli sebagai emolien yang baik untuk membantu menjaga kulit halus di sekitar mata.

Mereka juga mengatakan bahwa minyak ini membuat kulit di sekitar mata tetap kenyal dan terhidrasi.

Untuk meningkatkan aliran darah ke kulit, ambil sedikit minyak almond dan pijat dengan lembut. Anda juga bisa mencampurnya dengan madu untuk hasil yang lebih baik.

8. Mungubah pola tidur

Timbulnya kantung mata dapat terjadi karena terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur. Oleh karena itu, penting untuk mengatur jadwal tidur kita setiap hari agar tubuh kita mendapatkan jumlah istirahat yang cukup.

Para ahli kesehatan merekomendasikan sekitar delapan jam per hari.

Selain itu, dalam kasus di mana kita mengalami timbulnya kantung mata, sebaiknya kita mengubah posisi tidur kita dengan mengangkat kepala kita lebih tinggi dari biasanya.

Ini dilakukan untuk memperlancar aliran darah ke area kepala dan mencegah penumpukan aliran darah di sekitar mata, yang dapat menyebabkan kantung mata.

Dari informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa kita dapat menyembuhkan kantung mata sendiri di rumah.

Namun, jika pembengkakan di bawah mata terjadi tanpa alasan yang jelas atau disertai dengan rasa sakit, ketidaknyamanan, dan penglihatan yang kabur,

ada baiknya jika hal tersebut segera kita konsultasikan dengan dokter.

Kategori :