Sering Sakit Perut Saat Haid? Jangan Khawatir Lakukan 7 Cara Untuk Mengatasi Nyeri Saat Haid

Senin 23-09-2024,14:00 WIB
Reporter : Dewi Lestari
Editor : Hilmi Pramudya

RADARTASIKTV - Bagi Kaum Wanita pasti sudah sering merasakan nyeri perut saat Haid yang pastinya mengganggu Aktivitas para kaum Wanita.

Bagi kaum wanita saat sedang haid jangan gelisah lagi ketika merasakan rasa nyeri saat haid karena rasa sakit tersebut hal yang wajar, bahkan bisa di bilang rutinitas saat sedang mengalami datang bulan, rasa sakit itu bisa terjadi saat hari pertama kedua ataupun ketiga.

Rasa sakit yang terjadi saat sedang haid di sebut dismenorhea (sakit perut yang terjadi karena kontraksi otot rahim ) terkadang rasa nyeri yang di tumbulkan menyebabkan malas beraktivitas, mood naik turun, bahkan ada juga yang menyebabkan pingsan.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Ternyata Air Putih Punya Segudang Manfaat untuk Menjaga Kesehaan Tubuh

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Diet Ketogenik dan Manfaatnya, Dipercaya Dapat Turunkan Risiko Diabetes

 

Namun hal tersebut juga jangan di angkap sepele Anda juga harus memperhatikan apakah rasa nyeri itu terjadi selama masa haid atau cuman 3 hari dari masa haid Anda.

Bila rasa nyeri yang sangat tidak normal saat haid pastikan untuk kontrol langsung ke dokter untuk memastikan apakah ada yang bermasalah dalam datang bulan Anda.

Sakit perut saat haid bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari dari masa haid, namun untuk mengatasi rasa nyeri pada perut lakukan tips di bawah ini agar aktivitas sehari-hari anda tidak terganggu.

Berikut Cara Untuk Mengtasi Rasa Nyeri Saat Haid:

1. Minum Lebih Banyak Air

Perlu di perhatikan perut yang terisi gas akan menambah nyeri saat haid bahkan ketidaknyamanan, untuk itu usahakan hindari minuman yang mengandung gas seperti fanta, seprit dan cocacola.

BACA JUGA:Mengungkap Fakta Menarik Dari Cacing untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Banyak Manfaatnya

BACA JUGA:Ciri Fisik Mayat Dalam Karung Mendekati Orang Yang Hilang, Polisi Terus Kumpulkan Barang Bukti

 

Oleh karena itu lebih baik mengkonsumsi air putih atau air hangat agar menetralisir rasa nyeri pada haid dan membantu mengurangi gas dan juga ketidaknyamanan juga membuat otot lebih rileks.

2. Berolahraga

Meskipun sedang nyeri saad haid usahakan untuk berolahraga namun berolahraga yang sederhana saja seperti joging, pergangan otot, atau yoga. Olagraga tersebut dapat melemaskan otot, bisa melepaskan hormon endorphin, yang menjadi suasana hati jauh lebih senang.

3. Hindari Makanan Tak Sehat

Perlu di perhatikan juga dalam sebuah makanan yang kita konsumsi saat sedang haid,seperti makan yang mengandung banyak gula,garam,dan lemak jenuh hal tersebut bisa menyebabkan akumulasi gas dan peradangan di dalam perut sehingga nyeri pada perut saat haid semakin bertambah.

4. Kendalikan Stres

Rasa nyeri saat haid menyebabkan naik turun nya mood seseorang sehingga sangat mengganggu saat beraktivitas,untuk itu coba lakukan teknik seperti meditasi, latihan pernapasan atau olahraga yoga untuk meredakan stres, tau bisa juga konsultasi kedokter jika Anda tidak bisa mengendalikan stres.

BACA JUGA:Mengungkap Cara yang Tepat Mengkonsumsi Air Kelapa untuk Kesehatan ala Selebgram Roryasyari

BACA JUGA:Mata Kaki Gelap dan Kering? 4 Produk Alfamart ini Bisa Jadi solusi, Harga Dibawah 50 Ribu Rupiah

5. Konsumsi Suplemen

Hal lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengkinsumsi suplemen yang bisa meredakan rasa nyeri pada perut saat haid, contoh nya vitamin E, magnesium dan Omega 3, namun sebelum mengkonsumsi suplemen tersebut alangkah baik nya konsultasi pada dokter terlebih dahulu demi kesehatan tubuh.

6. Kompres Dengan Air Hangat

Cara mudah yang sederhana yaitu dengan mengompres perut bagian luar anda dengan air hangat yang di masukan kedalam botol plastik lalu di baluti oleh kain tipis agar tidak terlalu panas pada perut, lakukan saat perut sedang terasa nyeri hal tersebut dapat meredakan rasa nyeri saat haid.

Nah jangan lupa untuk  lakukan Langkah-langkah diatas untuk meredakan sakit, namun ketika sakit tersebut makin parah maka di sarankan untuk konsultasi ke dokter agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Kategori :