Mana yang Lebih Pas untuk Kamu, Susu Bubuk atau Susu Cair? Yuk, Kita Imbangi Kelebihan dan Kekurangannya

Senin 23-09-2024,17:00 WIB
Reporter : Dea Alfiatun
Editor : Hilmi Pramudya

Susu bubuk juga bisa lebih tahanlama jika disimpan di tempat yang sejuk, bahkan bisa sampai satu tahun untuk ketahannnya. 

Namun, jika kemasanya sudah dibuka juga tidak akan merubah ketahanan susu bubuk lebih lama asalkan kemasannya bisa ditutup kembali dengan rapat dan tidak lembab.

Susu bubuk ini sangat berbeda dengan susu cair yang mempunyai ketahanannya yang pendek meskipun sudah dimasukan ke dalam kulkas, susu cair yang kemasannya terbuka tidak akan bertahan sampe ada expired.

• Susu bubuk diproses dengan tahapan yang lebih lama

Susus bbuk merupakan susu cair yang diproses dengn pemanasan, penguapan dan juga pengeringan yang menggunakan alat spray dryer.

Alat ini digunakan untuk bisa mengurangi kadar air yang ada pada susu, oleh karena itu susu menjadi bubuk.

Susu bubuk biasanya dikonsumsi untuk pertumbuhan anak, pengeringan ini juga mamp membantu menjaga kandungan protein dan nutrisi lainnya pada susu.

Sedangkan susu cair adalah jenis susu yang berasal dari hewan ternak, dalam pembuatan susu cair ditambahkan dengan pemanis dan juga perasa, namun tidak semua susu memakainya.

Makanya susu cair sering kali ditemukan dalam bentuk kemasan kotak atau persegi panjang seperti susu UHT.

Oleh karena itu, susu bubuk yang biasanya sang kecil butuhkan, karena kebutuhan nutrisinya hingga perkembangan tubuhnya yang bisa penuhi sesuai dengan usianya sikecil.

BACA JUGA:Ternyata Es Jeruk Lebih Baik Dibanding Teh, Simak Penjelasan Medisnya

BACA JUGA:10 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan Tubuh, Solusi Buat Kamu yang Memiliki Anemia

• Kandungan susu bubuk lebih lengkap

Umumnya dalam kandungan susu berbentuk bubuk dan telah mengalami proses difortifikasi dengan berbagai nutrisi yang sangat penting.

Perbandingan kandungan susu bubuk dan susu cair bisa dilihat dari nutrisinya, meskipun memiliki beberapa nutrisi namun, sama saja nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Nutrisi penting yang dapat melengkapi asupan gizi sikecil itu seperti zat besi, vit C, OMG 3&6, DHA, kalsium dana juga protein.Nahjadi penting sekali yah untu membaca nilai gizi susu yang ada pada kemasan.

Kategori :