Tips Menyiram Tanaman Supaya Tumbuh Lebih Subur, Ternyata Gak Boleh Sembarangan Ada Waktu Khusus

Selasa 24-09-2024,13:34 WIB
Reporter : Dewi Lestari
Editor : Hilmi Pramudya

RADARTASIKTV - Salah Satu Yang Terpenting Dalam Memimeliki Tanaman Yakni Cara Dalam Merawatnya Agar Tumbuh Lebih Subur Dan Tercegah Dari Penyakit.

Memiliki tanaman di sekitar rumah atau pun kebun yang sangat luas merupakan hal yang harus di perhatikan cara merawatnya, tak hanya sekedar menanam dan dibiarkan begitu saja sehingga tanaman tersebut bisa mati.

Menanam atau bercocok tanam merupakan yang tidak mudah harus ada skil dalam seseorang tersebut agar tidak gagal dalam menanam tumbuhan apapun.

BACA JUGA:Mengungkap Cara Bahagia yang Efektif Menurut Buku The Subtle Art Of Not Giving a F*ck Karya Mark Manson

BACA JUGA:Mudah Bosen Saat Belajar? Berikut Tips Agar Belajar Semakin Semangat dan Tidak Membosankan

Nah perlu diketahui juga memiliki tanaman tak hanya sekedar menanam namun juga harus di perhatikan cara perawatannya dan yang terpenting cara menyiram nya, salah satu bagian yang terpenting dalam memiliki tanaman, karena menyiram merupakan hal yang perlu kita lakukan agar tanaman tersebut tumbuh subur.

Namun juga tidak sekedar menyiram tanaman, harus di perhatikan waktu terbaik untuk menyiram tanaman tersebut, agar tidak asal memberikan air kepada tanaman.

Jika terus menerus menyiramkan air pada tanaman di waktu yang tidak tepat justru tanaman akan mengalami masalah atau bahkan bisa mati.


Waktu Terbaik Untuk Menyiram Tanaman:

Mengutip Better Homes dan Gardens, waktu menyiram terbaik untuk menyiram tanaman di luar ruangan adalah di pagi hari saat suhu biasanya lebih dingin.

Menyiram tanaman di pagi hari memberikan waktu untuk menyerap air, sehingga tanaman dapat bertahan melewati hari yang panjang dan panas.

BACA JUGA:Hati-hati, Pepaya Muda Bahaya Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil, Begini PenjelasannyaBACA JUGA:Resep Ramen Curry Hack Viral, Makan Mie Jadi Makin Mantap

Selanjutnya waktu terbaik menyiram tanaman adalah saat sore hari, jangan sampai melakukan penyiraman di waktu malam hari, karena ketika waktu penyiraman di malam hari waktu yang tidak tepat daun pun tidak mudah untuk langsung mengering secepatnya dan daun yang ukuran nya lebih besar rentan terkena penyakit.

Namu ketika tidak bisa melakukan penyiraman pada waktu yang telah di tentukan, coba untuk memasang selang irigasi tetes atau selang penyiraman di kebun, sehingga bosa mengatur dalam kerja penyiramannya agar langsung mengalir pada tanah buka ke daunnya langsung.

Hal tersebut dapat menyiram tanaman lebih efektif juga mengalir lebih jauh karena dapat mengurangi penguapan juga membantu tanaman jauh lebih sehat dan mencegah daun yang terlalu basah terkena siraman air.

Jadi perhatikan setiap pertumbuhan tanaman yang kita tanam agar lebih terawat dan memiliki hasil yang kita inginkan, tanaman yang layu sama saja dengan tanaman yang stres yang membutuhkan perawatan yang baik agar tidak cepat mati.

BACA JUGA:Hendak Didistribusikan Ke Wilayah Priangan Timur, Maung Galunggung Gagalkan Peredaran Ratusan Botol Miras

BACA JUGA:Fresh Graduated Wajib Tahu, Ini Dia 6 Soft Skill yang Wajib Kamu Miliki Sebelum Masuk Dunia Kerja

Berikut Tips Menyiram Tanaman Yang Penting Diketahui :

Setelah mengetahui waktu penyiraman tanaman yang baik namun juga harus mengetahui cara penyiramannya agar tidak sembarangan sehingga mengakibatkan tanaman tidak subur bahkan terancam mati.

Banyak penyakit tanaman yang diakibatkan oleh jamur dan bakteri di karenakan cepat menyebar dalam daun yang basah sehingga mengakibatkan jamur.

Ketika hujan turun tanaman memang tidak bisa terhindar dari deras nya air yang membasahinya tetapi kita juga bisa mencegah dari kerenakan tanaman tersebut dengan mengatur penyiraman agar meminimalkan penyakit.

BACA JUGA:Polisi Bekuk Pelaku Pembunuhan Wanita Dalam Karung, Pelaku Ditangkap Di Kediaman Orang Tuanya Di Pasuruan

BACA JUGA:Para Calon Harus “Memurahkan” Diri Ke Masyarakat, Jangan Merasa Berada Di Level Yang Lebih Tinggi

Nah Cara terbaik ketika menyiram tanaman yaitu menyiramkan air ketanah dekat dengan pangkal tanaman menggunakan selang, tak hanya itu lakukan penyiraman bukan dengan penyemprotan karena dari hasil penyemprotan tidak banyak air yang sampai ke tanah.

Namun ketika melakukan dengan cara penyiraman bisa di lakukan dengan memfokuskan pada bagian pangkal tanaman agar air lebih banyak menyerap ke tanah.

Perlu di perhatikan juga ketika menyiram tanaman dengan cara penyemprotan karena hal itu dapat membasahi daun secara berlebihan sehingga mengakibatkan masalah pertumbuhan tanaman.

Kategori :