5 Jurus Super Efektif Melawan Gugup Saat Presentasi, Yuk Dicoba Aja Dulu....

Kamis 09-11-2023,05:00 WIB
Reporter : Klendi
Editor : Klendi

Setelah itu, Anda dapat mempresentasikan ide Anda di depan anggota keluarga Anda dan meminta pendapat mereka. Saat memberikan presentasi, gunakan kontak mata, bahasa tubuh, dan intonasi nada yang baik.

BACA JUGA:Intip 5 Jenis Junk Food Paling Menggoda yang Harus Kamu Hindari! No. 4 Yakin Bakal Tahan?

Jangan Memikirkan Kesalahan

Saat presentasi berlangsung, tidak bisa dihindari jika kita melakukan kesalahan-kesalahan kecil. Usahakan jangan terlalu memikirkan kesalahan tersebut.

Karena terlalu banyak berpikir dapat membuat kita gugup, yang dapat menyebabkan kita melakukan kesalahan lagi.

Oleh karena itu, jika kita melakukan kesalahan selama presentasi, jangan putus asa dan lanjutkan.

Kontak Mata

Menurut website Harvard Business Review jika kita menyisir ruangan dengan melakukan kontak mata dengan penonton satu persatu akan membuat diri kita gugup dan berakhir tidak fokus.

Cara untuk fokus dan tidak gugup adalah dengan berkomunikasi pada satu orang di setiap presentasi. Menurut Harvard hal ini dapat membuat semua orang yang berada di ruangan merasa ikut diajak berbicara.

BACA JUGA:Suka Makanan Junkfood? Ketahui Dulu Bahayanya, Jangan Sampai Menyesal

Bicara Perlahan dan Jelas

Anda dapat menenangkan diri dan mengatur pernapasan terlebih dahulu sebelum presentasi. Anda mungkin merasa lebih rileks setelah melakukan hal ini.

Anda juga akan menjadi lebih santai dan terkontrol saat menyampaikan presentasi. Agar presentasi Anda diterima dengan baik oleh audiens, usahakan untuk berbicara dengan perlahan dan jelas.

Untuk menjadi lebih santai dan nyaman saat berbicara, gunakan gaya bahasa Anda sendiri.

BACA JUGA:Makeup yang Mencerminkan Kepribadianmu : Tampil Memukau dengan Karakter yang Sesungguhnya!

Demikian 5 Tips menghilangkan gugup saat presentasi yang bisa anda coba sebelum melakukan presentasi. Menghilangkan gugup saat presentasi adalah proses yang memerlukan waktu dan latihan.

Kategori :