8 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru Di Berbagai Dunia, Di Kolombia Orang-Orang Berjalan Bawa Koper Kosong

Jumat 01-12-2023,08:51 WIB
Reporter : Lisna Nurhalisa
Editor : Hilmi Pramudya

Caranya cukup sederhana, sepotong timah dilelehkan di atas permukaan air yang dalam sebuah baskom atau wadah.

Saat timah mencair dan membentuk gambar, orang Finlandia percaya bahwa gambar yang terbentuk akan memberikan petunjuk atau ramalan tentang peristiwa besar yang akan terjadi pada diri mereka di tahun yang akan datang.

BACA JUGA:Panik Berat Badan Naik Terus? Ayo Berani Berubah dengan Menu Makan Siang Sehat

4. Melempar Gelas Atau Piring Ke Depan Pintu Rumah (Denmark)

Di Denmark, ada tradisi unik yang disebut "smash danish". Pada malam tahun baru, orang- orang Denmark dapat mengumpulkan piring-piring yang tidak digunakan lagi dan melemparkannya ke pintu depan rumah teman atau keluarga mereka.

Tujuannya adalah sebagai tanda penghormatan atau sebagai simbol persahabatan. Orang- orang yang menerima banyak piring yang dipecahkan di depan pintu rumah mereka dianggap memiliki banyak teman dan merupakan tanda kasih sayang dari komunitas mereka.

Meskipun tradisi ini terdengar unik, sebenarnya tidak terlalu umum dilakukan secara luas. Beberapa orang mungkin melakukannya sebagai bagian dari perayaan, tetapi tidak semua orang di Denmark melakukannya.

Ini adalah salah satu dari banyak tradisi unik yang mungkin dilakukan oleh sebagian kecil masyarakat Denmark untuk merayakan pergantian tahun.

5. Berdendang Rotan (Indonesia)

Tradisi perayaan tahun baru di Indonesia tepatnya di Maluku, yaitu “Berdendang Rotan”. Acara ini mirip dengan tarik tambang tradisional, namun dengan perbedaan utama bahwa tali yang digunakan untuk tarik tambang ini terbuat dari anyaman rotan yang kuat.

Rotan yang dianyam ini digunakan sebagai pengganti tali pada tarik tambang konvensional. Tujuan di balik tradisi ini adalah untuk mempererat hubungan antarwarga dan masyarakat setempat sambil merayakan pergantian tahun.

Acara ini menjadi momen hiburan yang sangat dinantikan oleh penduduk setempat di Maluku Tengah.

Melalui kegiatan ini, masyarakat dapat bersenang-senang, merayakan perayaan tahun baru, dan menjaga keberlanjutan warisan budaya yang khas dari daerah mereka.

BACA JUGA:7 Pantai Terbaik Di Jawa Barat, Nomor 2 Cocok Banget Buat Prewedding

6. Serba Bulat (Filiphina)

Tradisi memakan makanan dengan bentuk bulat dan mengenakan pakaian dengan motif bulatpada perayaan tahun baru adalah kebiasaan yang umum di Filipina.

Kategori :