Daftar Jurusan Paling Banyak Dibutuhkan Pada Penerimaan CPNS dan PPPK 2024, Lulusan Sarjana Bisa Daftar?

Rabu 10-01-2024,14:34 WIB
Reporter : Ima Hilmayanti
Editor : Hilmi Pramudya

Jurusan TI bergerak dalam bidang aktivitas manusia secara digital. Keahlian di bidang ini semakin dibutuhkan, termasuk dalam sektor pemerintahan.

Di sini, peserta didik diajarkan prinsip-prinsip teknologi informasi, konsep computing dan matematika, analisis, perencanaan, pengelolaan, serta evaluasi sumber daya informasi.

2. Jurusan Pendidikan

Tenaga pendidik atau guru sangat dicari dalam rekrutmen CPNS. Terutama untuk sekolah-sekolah di daerah yang mengalami kekurangan tenaga pengajar.

Ada berbagai posisi guru yang dapat dipilih sesuai dengan program studi atau peminatan selama kuliah, seperti guru SD, guru SMP, guru PAUD, atau guru berdasarkan mata pelajaran tertentu.

BACA JUGA:Mau Daftar CPNS 2024? Kenali Dulu Urutan Pangkat Dan Golongannya

3. Jurusan Kesehatan

Tenaga kesehatan dari berbagai jurusan seperti kedokteran, keperawatan, kebidanan, pengobatan tradisional, atau epidemiologi memiliki kesempatan besar untuk mendaftar CPNS 2024.

Hal ini karena kesehatan adalah kebutuhan dasar yang harus dijamin oleh negara, oleh karena itu jurusan kesehatan sangat memiliki kesempatan besar. 

4. Jurusan Politik Pemerintahan

Lulusan jurusan politik pemerintahan sangat dibutuhkan dalam CPNS untuk memenuhi kebutuhan SDM yang memahami tata kelola pemerintahan.

Banyak kampus negeri menyediakan jurusan terkait politik dan pemerintahan.

5. Jurusan Hukum

Lulusan jurusan hukum banyak dibutuhkan untuk posisi yang berkaitan dengan hukum, seperti di Kejaksaan Agung. Beberapa formasi spesifik telah tersedia pada seleksi CPNS sebelumnya.

Demikianlah 5 jurusan yang memiliki peluang besar untuk dibutuhkan dalam seleksi CPNS 2024. Apakah jurusanmu termasuk?

Jika belum, jangan khawatir, masih ada banyak formasi lain yang akan segera diumumkan oleh Kemen PAN-RB. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang berjuang mengikuti CPNS 2024!

Kategori :