Keutamaan Surat Al-Ikhlas, Khasiat Serta Waktu Terbaik Untuk Membacanya

Selasa 16-01-2024,13:54 WIB
Reporter : Lisna Nurhalisa
Editor : Hilmi Pramudya

Dalam konteks kesehatan, surat Al-Ikhlas memiliki khasiat menyembuhkan. Rasulullah SAW, ketika merasakan sakit, selalu membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

Dari 'Aisyah RA ia berkata :"Apabila Rasulullah SAW mengadu merasa sakit pada bagian badan baginda Rasulullah selalu membaca ayat-ayat berikut pada telapak tangan yang kanan kemudian mengusapkannya pada bagian yang terasa sakit yaitu dengan membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas".

Praktik ini menunjukkan bahwa ayat-ayat suci dapat menjadi obat spiritual yang membawa ketenangan dan penyembuhan.

BACA JUGA:Resep Keluarga Bahagia Ala Rosullulah, Pasangan Baru Menikah Sini Ngumpul

4. Niscaya Diampuni Dosa-Dosanya

Membaca surat Al-Ikhlas sebanyak lima puluh kali dijamin membawa pengampunan dosa-dosa selama lima puluh tahun.

Keutamaan ini mengajarkan bahwa konsistensi dalam membaca surat ini dapat menjadi sarana untuk mendapatkan ampunan Allah SWT.

5. Terhindar Dari Orang Jahat

Keistiqomahan membaca surat Al-Ikhlas memainkan peran penting dalam menjaga diri dari marabahaya dan niat jahat orang lain.

Dengan mendawamkan dzikir Ya Shomad sebanyak seratus tiga puluh empat kali setiap hari, seseorang dapat menciptakan perlindungan spiritual dari gangguan orang-orang yang berkeinginan jahat.

6. Mencegah Fitnah dan Siksa Kubur

Rasulullah SAW memberikan kabar gembira bahwa membaca surat Al-Ikhlas pada saat sakit yang membawa pada kematian akan mencegah mayat dari pembusukan di kuburnya.

BACA JUGA:Sering Merasa Takut Saat di Rumah? 5 Doa Ini Dipercaya Dapat Mengusir Jin dan Setan

BACA JUGA:Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam, Bedakan Dengan Anak Laki-Laki

Waktu Terbaik untuk Membacanya

Surat Al-Ikhlas dapat dibaca kapan saja, tetapi terdapat waktu-waktu istimewa, seperti setelah sholat subuh dan sebelum tidur, yang dapat meningkatkan keberkahannya.

Kategori :