Cara Mengembalikan Warna Baju Putih yang Menguning, Gak Perlu Beli Pemutih Cukup 2 Campuran Bahan Ini

Kamis 22-02-2024,15:45 WIB
Reporter : Ima Hilmayanti
Editor : Hilmi Pramudya

BACA JUGA:Tips Hilangkan Bau Amis Pada Piring Usai Dicuci, Pakai Jeruk Nipis Campur Bahan Ini, Harum Seketika

BACA JUGA:Tips Mencuci Kaus Kaki Putih Agar Bersih Tanpa Noda, Bisa Pakai Bahan-Bahan Yang Ada Di Dapur

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan warna baju putih yang menguning menggunakan campuran vanish dan citrun:

Bahan yang Diperlukan:

Vanish: Vanish adalah produk pembersih serbaguna yang efektif menghilangkan noda dan kotoran pada pakaian. Anda dapat menggunakan produk ini untuk membantu mengembalikan warna putih pada baju yang menguning.

Citrun (atau Citric Acid): Citrun, atau asam sitrat, adalah bahan alami yang sering digunakan sebagai penghilang noda dan pemutih alami. Kandungan asamnya membantu mengikis noda dan mengembalikan warna asli pada kain.

Langkah-langkah:

Persiapan: Pastikan baju yang ingin Anda bersihkan cukup bersih dari debu dan kotoran. Anda juga dapat merendam baju dalam air hangat sebentar sebelum proses pencucian.

Campurkan Vanish dan Citrun: Campurkan sejumlah kecil vanish dan citrun ke dalam sebuah wadah atau ember yang berisi air hangat. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan pada kemasan produk.

Rendam Baju: Rendam baju yang menguning dalam campuran vanish dan citrun selama beberapa jam. Anda juga dapat menggunakan sikat lembut untuk menggosok bagian-bagian yang khususnya menguning.

Cuci Seperti Biasa: Setelah proses perendaman selesai, cucilah baju seperti biasa menggunakan deterjen yang Anda percayai. Pastikan untuk membilasnya dengan baik untuk menghilangkan residu campuran vanish dan citrun.

Jemur di Tempat yang Teduh: Hindari mengeringkan baju di bawah sinar matahari langsung setelah proses pencucian.

Sebaliknya, jemurlah di tempat yang teduh agar baju tidak terpapar langsung oleh sinar UV yang dapat membuatnya cepat menguning kembali.

Sebelum mencoba metode ini pada semua baju putih Anda, sangat disarankan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu pada bagian kecil dari pakaian yang tidak terlalu mencolok.

Hal ini penting karena reaksi bahan-bahan yang digunakan mungkin berbeda-beda tergantung pada jenis kain dan pewarna yang digunakan pada pakaian.

Mengembalikan warna putih yang kusam atau menguning pada pakaian tidak selalu memerlukan pemutih kimia yang keras.

Kategori :